Tags

20150517_193901

Brosurnya

Suatu ketika saya masuk ke sebuah toko buku ternama di Jakarta, baru beberapa menit melihat buku-buku di toko tersebut, saya didekati oleh seorang Petugas (perempuan) yang menawarkan TV “Satelit Prabayar”.

Petugas (P) : Jika Bapak menggunakan saluran TV ini, Bapak hanya bayar sekali saja, ketika pemasangan, dan Bapak tidak perlu bayar iyuran lagi seumur hidup…!!!.

Saya (S) : Wah, hebat dong Mbak…!!!

P : Iya Pak, Bapak cukup membayar Rp 600.000 pada saat pemasangan pertama, setelah sebulan kalau BapakΒ  tidak mau nonton lagi ga usah bayar.

S : Nah lho, mbak katanya ga bayar, kok sebulan berikutnya saya harus bayar. Maksudnya gimana?

P : Begini Pak, di halaman ke dua brosur yang saya berikan ini dapat Bapak pilih paket-paket yang diinginkan. Nah, kalau Bapak tidak mau mengambil salah satu paket tersebut, ya udah ga pa pa, Bapak ga usah bayar, tapi juga Bapak ga bisa nonton.

S : Hahaha…mbak gimana sih, saya disuruh daftar tapi setelah itu kalau ga mau nonton ga pa pa ga usah bayar. Terus ngapain saya daftar di TV ini?

***

Setelah saya buka halaman ke dua brosur yang diberikan si Petugas, terdapat 4 pilihan paket :

  1. Paket Hore Rp 75.000
  2. Paket Seru Rp 100.000
  3. Pket Gempita Rp 200.000
  4. Paket Vaganza Rp 250.000

Jadi ternyata sistem pembayaran TV Satelit Prabayar ini berbeda dengan TV berlangganan yang biasa (yang sudah ada) yaitu dengan cara membeli paket yang bisa kita pilih setiap bulan.

Cara pembayaran paket di TV ini mirip dengan cara pembayaran pada Listrik Pintar atau isi ulang, kalau pulsanya tidak ditambah otomatis listriknya akan padam…!!!. Demikian juga dengan TV Satelit Prabayar ini, kalau paketnya tidak kita beli berarti siarannya tidak bisa ditonton alias di “block”.

Namun cara mempromosikannya terkesan “membohongi”, makanya kalau kita tidak hati-hati bisa termakan “rayuan” si Petugas. Saya tidak tau apakah memang seperti itu strategi perusahaan tersebut atau memang Si Petugas yang salah dalam penyampaian.

O ya, dulu ketika TVRI masih menjadi satu-satunya tontonan masyarakat di Indonesia, ada siaran khusus untuk tayangan iklan yaitu “Mana Suka Siaran Niaga” yang selalu mengingatkan kita agar “Teliti sebelum membeli…!!!”

***

Setelah saya searching, diketahui bahwa TV ini merupakan stasiun televisi satelit berlangganan yang baru diresmikan April 2014 yang lalu dan dioperasikan oleh Kompas Gramedia.