Tags

, ,

IMG_3813

Air Terjun Lembah Anai terletak di pinggir jalan raya antara Kota Padang dengan Bukittinggi dan antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Padang Pariaman dengan  Kabupaten Tanah Datar, di Propinsi Sumatera Barat.

Perjalanan dari Padang menuju  air terjun melewati jalan yang berliku-liku dengan pemandangan yang indah, pohon dan hutan yang menghijau, bukit dan lembah yang dalam.

Air terjun Lembah Anai termasuk dalam  kawasan hutan lindung dan Cagar Alam Lembah Anai, merupakan bagian dari Sungai Batang Lurah Dalam, dan sumber airnya berasal dari Gunung Singgalang.

Air terjun di Sumatera Barat dikenal dengan sebutan  Aia Tajun atau Aia Mancua

Di seberang jalan raya terdapat jembatan kereta api yang panjangnya mencapai 50m, peninggalan kolonial belanda, uniknya rel ini mempunyai bagain  tengah yang berfungsi membantu untuk “menarik” kereta menaiki tanjakan.

Duduk-duduk di bongkahan batu besar di lokasi air terjun sambil merendam ke dua kaki ke air yang dingin dan sejuk, atau mandi “cebar-cebur” adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sini, ditemani oleh kawanan monyet lucu yang hidup bebas di sekitar air terjun.

Banyak kekayaan flora dan fauna langka yang menjadi daya tarik kawasan cagar alam ini, diantaranya adalah bunga bangkai yang tumbuh subur di tengah hutan, atau siamang, kera ekor panjang, beruk, aneka burung, rusa, trenggiling,  kancil, tapir, dan biawak serta Harimau Sumatera salah satu jenis hewan langka yang hampir punah.

Beberapa tahun yang lalu di sekitar air terjun hanya ada ibu-ibu penjual buah sawo yang besar-besar manis dan ranum, lamang baluo, telur asin dan pisang rebus. Sekarang tersedia warung-warung yang cukup  tertata, menjual aneka ragam oleh-oleh khas Sumatera Barat, yaitu galamai, karupuak sanjai, kue angka delapan, beras randang dll, ditambah dengan penjual batu akik, penjualnya bilang berjenis cimpago.

Juga tersedia tempat parkir yang lumayan luas, kamar mandi dan toilet sederhana untuk bilas buat mereka yang mandi di air terjun.

Advertisements