Tags

, , ,

IMG_3354

Apakah tempat ini bisa dikatakan gedung? Karena gedung dalam pikiran saya adalah sebuah bangunan yang kokoh.

Nah, kalau sebuah bangunan yang tiang dan dindingnya terbuat dari kayu namanya apa? Kalau sudah reot seperti gambar di atas namanya apa?

Begitu banyaknya pertayaan yang muncul di benak saya ketika sampai di Replika SD Muhammadiyah Gantong (mungkin sekarang dikenal dengan SD Laskar Pelangi) yang berlokasi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Di sini pernah menjadi lokasi shooting Film Laskar Pelangi, yang sekarang mejadi tempat tujuan wisata.

Atas dukungan Ditjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur, di samping bangunan replika sekolah tsb didirikan Galery, tempat makan, souvenir dll.

Dari spanduk yang terbentang, diketahui bahwa sudah diselenggarakan acara Tarian Theatrikal  Laskar Pelangi, Pembacaan Pusisi, dan Musik Jazz yang diprakarsai antara lain oleh KNPI Belitung Timur pada pada 31 Januari 2015 yang lalu.

***

Sekolah ini menjadi terkenal setelah terbitnya sebuah novel tetralogi yang menjadi best seller berjudul “Laskar Pelangi”,  ditulis oleh Andrea Hirata, seorang penggemar sains – fisika, kimia, biolologi, astronomi dan sastra.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa : “Andrea Hirata adalah seorang seniman kata-kata”. Maka jangan heran bila suatu saat anda terdampar di Belitung, akan bertemu dengan Museum Kata, milik Andrea pribadi.

Dalam buku tsb Andrea menulis : “Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelagi, sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka…”. Buku ini saya baca 11 Oktober 2007 dan begitu menginspirasi kehidupan saya di kemudian hari.

Pada 19 s/d 22 Februari 2015 (hampir 8 tahun kemudian), akhirnya mimpi-mimpi saya terwujudkan dengan berkunjung ke Belitung dan mendatangi sebagian besar tempat-tempat yang ada dalam cerita tsb.

Advertisements