Tags

,

IMG_3633Kawasan Batu Angus adalah sebuah objek wisata berupa kumpulan bongkahan batu-batu besar berwarna hitam, terbentang mulai dari kaki Gunung Gamalama sampai ke tepi Pantai Ternate.

Terletak sekitar 10km dari Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Batu Angus ini berasal dari letusan (lava) Gunung Gamalama yang terjadi sekitar abad ke-17 dan warnanya yang hitam mungkin hangus terbakar akibat proses yang terjadi di perut gunung ini.

Kawasan Batu Angus terbelah oleh jalan raya yang halus dan mulus.

Sehingga jika melihat ke atas telihat pemandangan indah lereng dan puncak Gunung Gamalama dengan hutannya yang menghijau, dan ketika ketika melongok ke bawah terlihat birunya perairan laut Ternate dengan kapal-kapal yang lalu lalang, serta pulau Halmahera dari kejauhan.

Tidak tersedia tempat khusus atau tempat istirahat bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan yang mempesona dan unik ini, tidak ada warung untuk minum atau makan, apalagi toilet.

Perekonomian masyarakatpun sepertinya tidak menggeliat di sini, padahal kawasan batu angus adalah potensi wisata yang jika diolah secara profesional mungkin dapat memutar roda perekonomian masyarakat di kawasan ini.

***

Kami hanya behenti sekitar 15Β  menit, ambil gambar dari bebera sudut, terus jalan lagi.

Sehingga tidak serupiahpun uang yang keluar di sini.