Tags

, , , ,

IMG_3505

Titian Island adalah perahu yang mengantar kami dari Tanjung Kelayang yang berada di Pesisir Barat Laut Pulau Belitung ke Pulau Lengkuas, kami sewa dengan harga Rp500.000 seharian, sepuasnya dari pukul 11.00 s/d 16.30.

#Belum termasuk jake/ pelampung Rp20.000 perorang#

Sebetulnya pukul 9 perahu ini sudah stand-by menunggu kami, tapi karena kami ingin bertemu dengan Pulau Pasir yang munculnya baru sekitar pukul 14.30, jadi kami memperlambat keberangkatan, supaya di Pulau Lengkuas tidak terlalu lama. Karena perjalan normal menuju ke Pulau Lengkuas hanya 30 – 40 menit.

Di antara biru dan beningnya laut, terhampar gugusan batu-batu granit berukuran raksasa yang dapat membuat kita sadar akan kebesaran-Nya.

IMG_3509

Cerahnya hari itu, secerah hati kami mensyukuri ciptaan Illahi, padahal ketika kami mendarat di Belitung dua hari sebelumnya hujan tidak berhenti sepanjang hari (bertepatan dengan Hari Raya Imlek).

IMG_3517

Ada lempengan-lempengan Solar Cell yang menghasilkan listrik tenaga surya untuk penerangan pulau di malam hari dalam membantu navigasi perahu atau kapal yang berlayar di sekitar pulau.

IMG_3527

IMG_3543

IMG_3544

IMG_3545

IMG_3554

Karena susunan sekelompok batu-batu granit yang terdapat di tempat ini menyerupai layar, maka dinamakanlah pulau ini dengan Pulau Berlayar yang terdiri dari batu-batu tok, tidak ada daratannya.

Paling-paling yang ada hanya sedikit pasir di sekitar batu…!!!

Kami bisa berhenti sejenak untuk berpose di sini…… πŸ™‚

Di airnya yang bening dan tidak begitu dalam bisa ber-snorkeling

IMG_3556

IMG_3558Mengintip Pulau Lengkuas (yang ada mercu suar) dari Pulau Batu Berlayaar.

Indah sekali……!!!

IMG_3565Pukul 12.15 kami sampai di Pulau Lengkuas, kami turun dan membeli 4 Buah Kelapa Muda (satunya Rp15.000) yang di jual sekelompok bapak-bapak di pinggir pantai Pulau Lengkuas.

Setelah itu kami segera membuka ransum makanan yang kami bawa dari darat dan makan siang di atas Perahu Titian Island.

Alhamdulillah….alangkah nikmatnya…!!!

Saya dan anak-anak turun ke pulau dan berenang di bawah pohon-pohon rindang di pinggir pulau, supaya tidak terpapar teriknya matahari pantai.

Lebih dari satu jam kami bermain di sana….!!!

IMG_3599Mercu Suar

IMG_3611Seperti objek-objek wisata lainnya di negeri ini, Pulau Lengkuaspun demikian, minim fasilitas, kalaupun ada itupun juga tidak memadai seperti tempat bilas yang seolah-olah numpang di Gedung “Mercu Suar” milik Kementerian Perhubungan. Dengan bayaran Rp3.000 sekali bilas per-orang. Tentu saja kebersihannya juga tidak terjamin.

Ada juga warung kecil, mungkin juga warung milik petugas Mercu Suar, yang paling laris adalah kelapa muda seperti yang saya ceitakan sebelumnya.

Padahal pengunjungnya silih berganti dari pagi sampai siang, bahkan sampai pukul 14.30 masih banyak yang datang ke pulau ini. Dihari-hari libur mungkin lebih dari 500 orang…!!!