Tags

, ,

IMG_2316

Buah Tampui

Dalam perjalanan dari Singkawang menuju Pontanak, Kalimatan Barat, saya melihat banyak penjual buah-buahan di pinggir jalan, tapi buah yang dijual keihatannya tidak biasa.

Karena penasaran saya tanya driver (asal Madura, lahir dan besar di Pontianak) : “Cak, yang dijual itu buah apaan?“.

Buah Tampui Pak, dan yang satu lagi Matoa“, jawabnya.

Buah Tampui sering juga disebut dengan Buah Hutan, karena biasanya lebih suka tumbuh di lingkungan hutan di sekitar Kalimantan, bahkan dari literatur yang saya baca juga terdapat di hutan Sumatera.

Buah Tampui katanya masih kerabat dekat Buah Rambai dan Buah Menteng, mempunyai daging buah yang rasa manis dan asam, kulit buahnya berwarna ‘sawo matang’ dan lebih tebal, mempunyai ukuran yang lebih besar, daging buahnya mirip dengan Buah Manggisย  (lengkapnya di sini).

O ya, sebelumnya saya juga melihat ada yang menjual Buah Rambai, tapi saya tidak berminat membelinya, karena sudah biasa melihat buah ini sejak kecil.

***

Untuk buah yang satu lagi adalah Matoa atau Rambutan Papua. Buah ini sudah pernah saya lihat, bahkan pernh pula memakannya.

Enak, mirip dengan rambutan, tapi kulit dagingya lebih lembut, (menurut saya) ada sedikit rasa durian.

Dari namanya, buah ini dapat dipastikan berasal dari Papua, tapi sudah dibudidayakan di daerah-daerha lain, sehingga di Jakarta cukup banyak yang menjual Buah Matoa, walaupun masih di tempat-tempat tertentu.

IMG_2319

Matoa atau Rambutan Papua