Tags

, , ,

wpid-20140404_105241.jpg

Pemilik Toko Souvenir

Kalau mau mencari oleh-oleh di Jayapura, pasti kita akan disarankan untuk datang ke pasar sentra oleh-oleh yaitu Pasar Hamadi yang terletak di Jl. Agapura  Atas, Jayapura, Propinsi Papua.

Pasar tradisional ini menjual bermacam-macam cenderamata yang dibuat oleh berbagai suku yang ada di Tanah Papua.

Diantaranya adalah aneka Batik Papua, berbagai bentuk dan ukuran Patung dari Suku Dani, Suku Sentani, Suku Asmat dll , Tifa atau alat musik khas Papua berbentuk gendang dari kayu, Tombak dan Kampak Batu berbagai jenis,  Koteka berbagai ukuran, Noken atau Tas Khas Papua, Asbak yang didesain oleh suku Asmat, maupun Lukisan Kulit Kayu bermacam corak dan ukuran.

Salah satu yang menarik buat saya di Pasar Hamadi adalah Lukisan Kulit Kayu, yaitu lukisan motif khas Papua yang ditulis di atas selembar kulit kayu (menurut orang Papua namanya kayu Khobouw).

Penghasil Lukisan Kulit Kayu terbesar di Papua terdapat di Kampung Asei Besar, Kab. Jayapura yang terletak di sebuah pulau yang penduduknya memiliki tradisi melukis di atas kulit kayu,  baik tua maupun muda, bahkan anak-anak (lengkapnya ada di sini).

Karena keistimewaaan Lukisan Kulit Kayu inilah, maka souvenir ini banyak diminati oleh turis mancanegara.

O ya, rencananya saya hanya membeli 2 lembar Lukisan Kulit Kayu, yang  berukuran kecil (panjang ±50 cm) dan yang satunya lagi berukuran lebih besar (panjang ±1 m), meskipun ada yang lebih besar (panjang ±2 m, tapi saya belum berminat (kebesaran mau di taruh dimana).

Ternyata yang cocok motifnya (buat saya) di Pasar Hamadi baru satu yaitu yang berukuran kecil.

***

Dalam perjalanan dari Distrik Abepura, Jayapura menuju Bandar Udara Internasional Sentani, kami mampir ke sebuah rumah yang khusus menjual  souvenir Papua (saya lupa namanya).

Saya juga ketemu dengan pemiliknya…….

Nah, di sinilah saya peroleh Lukisan Kulit Kayu yang ukuran dan coraknya cocok dengan yang saya dambakan.

image

Lukisan Kulit Kayu (ukuran agak besar) yang saya bawa Pulang

Kedua Lukisan Kulit Kayu yang saya bawa, sekarang sudah saya bingkai dan saya gantung di dinding.

wpid-20140404_105233.jpg