Tags

, ,

udang galah

Udang Galah sebelum dibakar/ goreng, yang ini Rp 50.000/ekor

Sebelum pulang ke Jakarta dari Banjarmasin beberapa waktu yang lalu, saya kaget ketika teman-teman bercerita bahwa mereka sudah memesan Udang Bakar/ Goreng untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di Jakarta.

Udang tersebut dipesan di Rumah Makan dengan menu khas Banjar yaitu RM. Cendrawasih Hj. Yati, Jl. Pangeran Samudra, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rumah makan ini hanya berjarak Β±500 m dari tempat saya menginap.

Karena itu, pagi-pagi saya buru-buru datang ke RM. Cendrawasih untuk memesan udang (sebagian dibakar dan sebagian lagi di goreng).

Nanti saya ambil pukul 10 ya… Mba

***

Ada dua rumah makan yang namanya sama (Cendrawasih) dan tempatnya juga bersebelahan. Ketika saya tanya Petugas rumah makan, mengatakan bahwa kedua pemilik restoran bersaudara (adik dan kakak). Ketika orang tua mereka meninggal diwariskanlah tempat ini kepada mereka berdua.

Hasilnya seperti yang kita lihat sekarang, rumah makan tsb terbagi dua, dengan nama yang sama tapi pemiliknya berbeda, meskipun masih satu keluarga.

***

O ya kembali kepada pokok pembahasan yang saya ceritakan yaitu tentang Udang Bakar/ Goreng. Jenis udang yang tersedia biasanya adalah Udang Galah yang banyak dibudidayakan di Kalimantan Selatan. Udang yang dijual di sini berukuran besar dengan dua pilihan harga Rp 50.000 dan Rp 70.000 per ekor.

Cukup mahal memang, padahal dari segi rasa yaaa…. sama saja dengan udang galah yang biasa kita makan.

Di sini juga ada Ikan Patin Bakar/ Goreng, katanya Ikan Patin di sini paling enak, apalagi dengan paduan bumbu khas Banjar dan tambahan kecap, ada juga Pepes Telur Ikan dll.

Karena saya tidak memesan kedua makanan ini, makanya saya tidak tahu berapa harganya.

Patin

Potongan Ikan Patin

Etalasse

Advertisements