Tags

,

20141207_130012Ini adalah “ikan Mungkuih Goreng Balado” yang beberapa tahun belakangan sangat saya idam-idamkan, karena teman-teman dan keluarga yang kembali dari Padang banyak memperbincngkan betapa nikmatnya makan ikan ini di sebuah warung sederhana yang terletak dekat Jembatan Lubuk Minturun (Jalan Padang By Pass). Padahal beberapa kali ke Padang, tapi saya ga sempat mampir ke warung ini.

Ikan Mungkuih atau Mungkus adalah ikan air tawar (sungai), berwarna gelap, berukuran tidak terlalu besar (kira-kira sebesar jempol kaki orang dewasa, tapi yang disukai biasanya ikan yang berukuran kecil karena gurih dan renyah kalau digoreng), hidup di air yang bersih, senang menempel di atas bebatuan, dan menjadikan lumut sebagai sumber makanannya.

Cara unik untuk mendapatkan Ikan Mungkuih adalah dengan mengaitnya dengan pengait khusus (bukan dikail), ada juga dengan disetrum menggunakan aki motor (cara ini dilarang oleh Pemerintah Kota karena dapat memusnahkan ikan-ikan ini).

Festival “Mangaik Ikan Mungkuih” menjadi sebuah tontonan yang menarik di beberapa daerah tertentu di Sumbar, diantaranya di Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ketika saya konfirmasi dengan keluarga, ternyata Ikan Mungkuih sudah digemari sejak dulu, penjualnya antara lain ada di Pasar Bandar Buat Padang.

Di Batang (Sungai) Lubuk Minturun, Ikan Mungkuih terdapat di bagian hulu sungai, arah ke bukit-bukit, menurut info dari salah seorang Petugas di rumah makan tsb,Β  Pemerintah Kota mengeluarkan larangan berburu ikan ini di bagian hilir sungai, karena populasinya sudah mulai berkurang.

***

Saya menghabiskan dua porsi/ piring Ikan Mungkuih Goreng Balado, padahal disamping itu juga ada Baluik Goreng Balado yang biasanya sangat saya gemari, tapi saat itu tidak saya sentuh.

Rasa ikan Mungkuih ini gurih, dan dagingnya yang dari luar terlihat sedikit alot ternyata terasa lembut ketika digigit, padahal digoreng garing. Makanya saya minta dua porsi tambahan lagi untuk dibungkus dan dibawa pulang, karena malamnya saya kembali ke Jakarta.

Kenikmatan makan Ikan Mungkuih ditambah lagi karena lokasi Rumah Makan berada di pinggir Batang Lubuk Minturun, diiringi angin sepoi-sepoi meskipun siang itu sinar Matahari terasa terik, apalagi dari kejauhan terlihat Jembatan Lubuk Minturun.

Lauk dan sayur yang cocok untuk dimakan bersama-sama dengan Ikan Mungkuih, antara lain Jengkol Goreng Balado, Baluik Goreng Balado (Belut), dan Gulai Daun Pucuak Parancih (Daun Singkong) atau Gulai Paku (Pakis).

Ikan Mungkuih yang belum dicabein

Ikan Mungkuih yang belum dicabein

20141207_130219-1-1

Baluik

Baluik Goreng Balado

 

20141207_130020

Gulai Pakis