Tags

, , , ,

IMG_2663Kecamatan Martapura merupakan Ibukota Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan yang terkenal sebagai daerah penghasil intan terbesar dan berkualitas terbaik di Indonesia bahkan di dunia, sehingga pengrajinnya juga menjadi salah satu obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, karena banyak menyediakan cendera mata berupa batu mulia dan batu akik yang sangat indah.

Makanya kurang lengkap rasanya kalau ke Kalimantan Selatan tidak mengunjungi salah satu pengrajin batu mulia/ akik, baik yang modern maupun yang tradisional, apalagi disertaiย  dengan mendatangi lokasi penambangannya di Kecamatan Cempaka.

Kita ketahui bahwa saat ini, batu mulia dan batu akik sebagai batu cincin sedang “booming“, semakin banyak diburu dan semakin banyak digemari bukan saja oleh kaum adam bahkan juga kaum hawa.

Sehubungan dengan hal tsb, di Kota Martapura terdapat sebuah Pusat Informasi Pariwisata dan Penggosokan Intan (PIPPI) atas kerjasama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II (Kalimantan) dengan Pemerintah Prov. Kalimantan Selatan dan Kab. Banjar,ย  posisinya berada di jalan Ahmad Yani No. 2 Martapura yang baru diresmikan pada awal April 2014 yang lalu.

Dari info yang saya dapatkan, sebagai usaha untuk meningkatkan keterampiian pengrajin di tempat ini adalah mengikutsertakan mereka dalam pendidkan dan pelatihan (training) penggosokan intan di Eropa dan Thailand, serta dukungan peralatan yang memadai.

PIPPIย ini diharapkan dapat menjadi bagian dari sektor ekonomi kreatif dalam rangka menyongsong persaingan pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Desember 2015 nanti.

PIPPI

PIPPI 1

IMG_2667

Pusat Informasi dan Penjualan Perhiasan seperti di Martapura juga pernah saya lihat di Hongkong dan Bangkok, Thailand, tetapi mereka jauh lebih profesional, padahal kalau pengunjung tidak hati-hati bisa ketipu, karena kualitas perhiasan tsb belum tentu sesuai dengan harga yang dikeluarkan (meskipun sudah diskon), kecuali kalau kita paham dengan mutu barang yang dibeli.

Cara mereka menyambut kita, menggiring kita ke studio filmnya, memberikan presentasi tentang produk yang mereka jual disertai dengan ramalan-ramalan perhiasaan model apa yang tepat menurut horoskop yang dihubungkan dengan tanggal atau tahun kelahiran seseorang, sampai kepada kegigihan mereka menjual, sungguh sangat rapi dan terarah.

Di Hongkong kita bisa menemukan karyawan salah satu Pusat Perhiasan yang mengaku sebagai Warga Negara Indonesia, jadi setiap Warga Indonesia yang mampir ke tempat ini biasanya didampingi oleh orang ini.

Pembeli benar-benar diperlakukan seperti raja…!!!

Beberapa hal di atas belum terlihat di PIPPI Martapura, beberapa yang positif seperti cara mereka menjual poduknya perlu kita tiru.

Harusnya kita bisa lebih baik dari mereka, apalagi ditunjang dengan mutu intan/ batu mulia serta batu akik Martapura sangat baik dan terkenal di macanegara.

***

Ini adalah lokasi penambangan intan dan batu akik di Kecamatan Cempaka, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sayang tempat ini tidak layak dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata, jalannya kecil, berlubang, dan kendaraan yang lewat rawan terperangkap lumpur (banyak lobang-lobang besar dan mengaga) karena sering dilewati oleh truk-truk pengangkut pasir dan bahan-bahan galian.

Seperti biasa pariwisata di wilayah lain di Indonesia, masih dikerjakan setengah hati, padahal menyimpan potensi yang sangat dahsyat apabila dikola dengan baik.

IMG_2675