Tags

, , ,

Soto Banjar

Kunjungan saya kali ini ke Kalimantan Selatan, khususnya menelusuri Sungai Matapura, kemudian ke Pasar Terapung, dan ke Pulau Kembang tempat berkumpulnya “Saudara Tua” kita, agak sedikit berbeda.

Kalau sebelumnya (Tahun 2012) saya makan Soto Banjar di Pasar Terapung di atas kapal atau “klotok”, sekarang makannya di sebuah warung yang terkenal dengan Soto Banjarnya, terletak di tepi Sungai Martapura, Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin, Kaimantan Selatan.

Namanya Soto Bang Amat, porsinya jumbo…!!!

Bahan baku utamanya antara lain ketupat/ nasi, soun/ bihun, telur asin/pindang telur, ayam/ daging suwir2, perkedel, iirisan wortel. Sedangkan sebagai bahan tambahan diantaranya adalah sambal, kecap, emping irisaan jeruk nipis dll.

Sebagai pendamping Soto Banjar favorit adalah Sate Ayam Bumbu Kacang.

Karena biasanya pengunjung datang dalam kelompok yang besar, maka Warung Bang Amat selalu mempersiapkan soto yang sudah diracik dalam jumlah banyak, jadi jika pengunjung datang tinggal diguyur dengan kuahnya.

Harga satu porsi Soto Bang Amat adalah Rp22.000

Katanya di warung ini, sambil makan para pengujung juga dihibur oleh alunan musik Panting, sayang pada saat kami datang musik tersebut belum beraksi.

Sedang Mempersiapkan

Persiapan1

Kuah Soto Banjar

Sate AyamDi depan warung Soto Bang Amat, ada buah yang menarik dan mulai jarang ditemui yaitu kuweni atau kuwini, sejenis mangga yang berkerabat dekat dengan bacang. Kuweni yang sudah dikupas, satu porsi (isi 3 buah) harganya Rp10.000.

Kuweni

IMG_2614

Warung Soto Bang Amat dilihat dari arah Sungai

Advertisements