Tags

,

3 Hidangan

Manokwari adalah kota pantai, terletak dibagian Utara Papua Barat (Pabar) yang dulu bernama Irian Jaya Barat (Irjabar). Sebagai kota pantai, wajar Manokwari menghasilkan ikan yang cukup banyak.

Saat ini Propinsi Papua Barat berstatus sebagai propinsi dengan Otonomi Khusus, bahkan mau meminta Otonomi Khusus Plus #nah lho, mau apa lagi ?#

Papua Barat mempunyai beberapa daerah tujuan wisata diantaranya adalah Pantai Pasir Putih (Β±6 km dari Manokwari), Pantai AmbanΒ  (Β±3,5 km dari Manokwari), Danau Anggi di Kecamatan Anggi, Cagar Alam di Pegunungan Arfak, Tugu Musinan di Pulau Musinan, dll.

Ketika kami berkujung ke Papua Barat bertepatan dengan musim hujan, karena itu kami hanya sempat menikmati panorama Pantai Pasir Putih dengan pasir putihnya yang halus. Untuk mencapai pantai ini kami harus melewati jalan yang berkelok-kelok di perbukitan, malah dibeberapa bagian bukit ada yang longsor, bahkan jalan rayapun ada yang tergerus air laut.

Pemerintah Papua Barat menjadikan longsoran tanah perbukitan tsb untuk menutupi jalan yang tergerus air laut.

***

Kembali ke topik permasalahan yaitu “Makan Malam di Manokwari”. Malam itu, kami sampai ke deretan Rumah Makan (RM) atau Warung (WR) di Jalan Trikora Wosi, Manokwari, diantaranya Warung Soponyono, WR. Lamongan, RM. Karunia, Warung Pankep dll.

Dari nama-nama tersebut saya yakin bahwa kebanyakan pemilik warung atau rumah makan tsb adalah saudara-saudara kita dari Pulau Jawa.

Jika kita berkunjung ke Propinsi-Propinsi di bagian Timur Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, makan ikannya harus satu ekor tidak boleh sharing – satu ekor untuk satu orang.

4 Ikan

1 Cumi

2 Sambal

Advertisements