Tags

, , ,

IMG_2162

Pada pukul 3.30 Wita, kami sampai di Kawasan Wisata Religi Bukit Kasih di Desa Kanonang, Kawangkoan, Sulawesi Utara, sekitar 50-an km dari Manado.

Dari sebuah prasasti yang terdapat di Bukit Kasih, kita bisa mengatahui bahwa Kawasan ini diresmikan menjadi Kawasan Wisata Relgius pada 3 Desember 1999 sekaligus menjadi pusat spiritual dan tempat berkumpul semua pemeluk agama, melakukan ibadah, dan meditasi.

Oya Bukit Kasih sering juga disebut dengan Bukit Doa.

Di Bukit Kasih tersedia beberapa tempat ibadah masing-masing agama seperti Mesjid, Gereja Kristen & Katolik, Candi dan Kuil. Di dinding bukit terdapat dua buah ukiran wajah (katanya) bernama Toar dan Lumimut yang dipercaya sebagai nenek moyang orang Minahasa.

Dari sini tercermin mengenai kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara

IMG_2140

Rumah-rumah Ibadah

Ketika tadi kami sampai di Bukit Kasih, kami didekati oleh beberapa orang pemuda, anak-anakΒ  dan ibu-ibu. Para Pemuda dan anak-anak menawarkan jasa pemandu untuk mendaki puncak bukit, menaiki sebanyak 2.435 anak tangga. Sedangkan Ibu-ibu adalah penjual kerajinan tangan seperti kalung, gelang dan cincin baik yang terbuat dari batok kelapa maupun dari logam merangkap tukang pijit.

Mendekati kaki bukit, terlihat asap dengan bau belerang yang menyengat, berasal dari eberapa sumber air panas. Air panas ini bisa digunakan untuk merebus telur atau jangung, bahkan setelah dicampur dengan air dingin dimanfaatkan untuk merendam kaki, menghilangkan rasa pegal-pegal setelah menaiki ribuan anak tangga.

Jadi air panas tsb ditampung dalam bak-bak kecil, dicampur dengan air dingin, sehingga terasa hangat dan nyaman untuk merendamkan kaki. Kita tinggal duduk di bangku-bangku yang tersedia kemudian memasukan kaki kedalam bak air hangat, kalau kita mau ibu-ibu di sana bersedia memijit kaki kita menggunakan handbody.

IMG_2155

Srorang Anak Sedang merebus sekarung Jagung di Sumber Air Panas

Ribuan Tangga dan Pahatan Wajah Nenek Moyang Orang Minahasa

IMG_2139

Pahatan Wajah Nenek Moyang Orang Minahasa

IMG_2149

Ribuan Tangga di sisi lain Menuju Puncak Bukit

Ada himbauan yang terdapat di monumen Bukit Doa agar “Bersama-sama kita jaga, pelihara dan lestarikan Kawasan Bukit Doa ini sebagai anugerah Tuhan bagi kita semua”

Advertisements