Tags

, , , ,

Pancasila adalah Dasar Negara Republik Indonesia tercinta sungguh tidak diragukan lagi. Telah terbukti dan telah teruji, berpuluh-puluh tahun sejak diundangkannya pada 18 Agustus 1945 dalam sidang Pantia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pengesahan Pancasila sebagai Dasar Negara termaktub dalam Pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 alinea ke-4, yang menegaskan keberadaan sila-sila Pancasila yaitu :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia

Kalaupun akhir-akhir ini ada kebingungan masyarakat tentang isue 4 Pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI ternyata sudah terbantahkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi, karena konsep tersebut tidak mempunyai landasan yang kuat, apalagi tidak didukung oleh kajian akademis.

Pada Kamis, 3 April 2014, keluar Keputusan MK atas gugatan judicial review terhadap penggunaan frasa “Pilar” untuk Pancasila dalam konsepsi 4 Pilar Kebangsaan bertentangan dengan UUD 1945.

Kenapa tiba-tiba saya membahas Pancasila ?

He3 …. sempat tegang ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan telewicara dengan anak-anak di Sentani, Papua melalui TV, ternyata anak yang diminta untuk menyebutkan ke-5 sila dalam Pancasila bisa melakukannya degan baik dan benar, sehingga Presiden berkenan mengirimkan sepeda sebagai hadiahnya.

PS : Video di atas memperlihatkan sambutan terhadap Pancasila yang disampaikan dalam pidato Presiden Soekarno pada Kongres Amerika tahun 1956.

Advertisements