Tags

, , , , , , ,

IMG_1982Pukul 9 pagi, mobil yang kami sewa sudah stand-by di depan Hotel. Rental mobil di Manado dengan supir, tapi belum termasuk BBM adalah IDR 500.000.

Kami beli Premium IDR 150.000 (jumlahnya tidak ditentukan oleh rental), karena lagi “musim paceklik” BBM, kami kebagian antri selama hampir 30 menit.

Perjalanan dari Manado menelusuri bukit dan lembah menuju kota religius, Kota Tomohon.

Sekitar 10.45 Wita kami sampai di sebuah pasar tradisional Tomohon, yaitu “Pasar Segar Beriman“. Pasar yang baru saja diresmikan oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Bapak Bayu Krisnamurthi pada 4 September 2014 yang lalu.

Pasar Segar Beriman sejak lama sudah dikenal dengan pasar pariwisata yang menjual berbagai bahan kebutuhan pokok, holtikultura dan berbagai jenis daging hewan yang tidak lazim ditemukan di tempat lain, sehingga pasar ini juga sering disebut dengan pasar ekstrim dan unik.

Seorang Ibu Penjual Sayur (IPS) yang berada di pasar tsb, menanyakan kepada saya:

IPS: “Bapak sudah pernah makan RW ?”

Saya : “Belum Bu” #sok tau, padahal saya ga tau RW itu apa#

IPS : “Coba saja Pak, enak kok….!!!”

Saya : “O ya Bu terima kasih, apa saya boleh menggunakan kamera di sini?”

IPS : Ga pa pa kok, banyak yang datang ke sini untuk foto-foto”

Saya tanya driver saya : “Pak……., RW itu apa ?”. “RW itu singkatan dari Rintek Wuuk atau bulu halus sebagai perumpamaan hewan anjing dalam Bahasa Manado,” jawabnya.

***

Daging hewan yang dijual di sini mempunyai istilah yang unik seperti daging RW/erwe (anjing) di atas, terus eveready (kucing), ibab (babi/celeng), paniki (kelelawar/kalong), soasoa (biawak), yaki (monyet atau kera).

Ada lagi daging tikus pohon atau tikus hutan, ular, musang, buaya, penyu,  ulat dll  #saya ga tau istilahnya apa#.

Nah, menurut driver saya, penjual daging yaki atau monyet hitam biasanya tidak  mengizinkan kita untuk mengambil gambar, karena monyet Sulawesi ini dillindungi dan terancam punah.

IMG_1993

Membakar RW

IMG_19941

Paniki (kelelawar/kalong)

IMG_1996

Sayap Paniki

IMG_1997

Tikus Pohon atau Tikus Hutan

IMG_1998

Daging Ular