Tags

,

Hari Sabtu, 5 Juli 2014, selesai acara Buka Bersama dengan teman-teman, saya kaget ketika melakukan pembayaran menggunakan kartu-kredit, karena transaksi saya DITOLAK…..!!!

# Saya tidak mengerti apa sebabnya, karena saya merasa telah menjadi nasabah yang baik selama belasan tahun, dan saya selalu membayar tagihan secara  teratur setiap bulannya ?#

Menurut kasir : “Kartu kredit Bapak, EXPIRED…!!!, jadi tidak bisa digunakan…!!!”.

Untung saya bawa uang cash, alhamdulillah persoalan tersebut dapat teratasi.

Wah, benar di kartu kredit saya tertera bahwa expired date 6/14 (Juni 2014). Berarti  kelalaian saya sendiri, tidak memperhatikan bahwa di kartu kredit ada tanggal habis masa berlakunya.

Padahal saya baru saja membayar tagihan bulanannya pada tanggal 2 Juli 2014, tapi tidak ada peringatan, bahwa kartu kredit saya expired, tapi kenapa pada saat menggunakannya baru diberitahu ?

Pada saat pembayaran kok tidak ada peringatan ?

Harusnya transaksi keduanya, baik debit maupun kredit tidak bisa dilakukan.

***
Hari Senin, 7 Jui 2014, saya datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat untuk menanyakan, apakah bisa saya urus di cabang ini ?

Alhamdulillah Kepala Cabang Bank Mandiri, dapat membantu saya, beliau langsung menghubungi dan berbicara dengan bagian kartu kredit Bank Mandiri.

Dari komunikasi telepon tersebut saya tau bahwa sebelum expired kartu kredit saya sudah dikirim ke rumah. Sayangnya ada perubahan pada alamat saya, jadi kiriman tersebut kembali ke Bank Mandiri.

Di Cabang tersebut dinyatakan bahwa saya bisa melakukan update informasi tentang diri saya baik alamat maupun nomor telepon. Dikatakan juga bahwa petugas dari bagian kartu kredit akan menghubungi saya, paling lambat 7 hari kerja setelah tanggal pengurusan ini.

Tapi setelah ditunggu-ditunggu sampai batas waktu yang ditentukan petugas Bank Mandiri tidak  pernah menghubungi saya.

Baru tanggal 23 Juli 2014, saya menerima telepon dari Bagian Pengiriman Kartu Kredit, tapi petugas tsb mengatakan bahwa harus mengirimkan email ke Bank Mandiri untuk update alamat, nomor telepon dll meskipun sudah saya sampaikan bahwa saya sudah mengirim email dan mengisi formulir update alamat di cabang bank mandiri. Namun tetap saja si petugas meminta saya agar mengirimkan kembali, padahal sementara itu secara online (per telepon) pun sudah saya jelaskan, tapi masih diminta untuk tetap mengupdate langsung alamat dan nomor telepon yang baru lewat email.

Ok lah….

Saya sudah kirim update alamat dan nomor telepon di Cabang Bank Mandiri.

Saya sudah kirim update pertelepon mealui bagian kartu kredit.

Saya juga sudah kirim email kembali.

Kira-kira kapan saya bisa mendapatkan kartu yang baru?

Petugas mengatakan bahwa Kartu Kredit Bapak akan sampai 7 hari s/d  1 bulan setelah terima telepon ini, artinya bisa-bisa saya baru terima kartunya sekitar tgl 23 Agustus 2014 (itu dengan perhitungan hari kalender, kalau Bank menghitungnya berdasarkan hari kerja, mungkin bisa sampai ke tangan saya sekitar bulan September 2014…!!!).

Fantastis….!!!

#Bagaimana mau bersaing dengan Bank Asing di pasar global atau Bagaimana kalau buka cabang di luar negeri ? Siapa yang mau melirik ?#

Saya sempat menayakan : “Bagaimana kalau saya ambil sendiri ke Bank Mandiri di Jalan Sudirman ?”

Jawab si Petugas : “Tidak bisa Pak, karena harus diantar ke rumah Bapak …!!!

Artinya usaha saya datang dan update data ke cabang Bank Mandiri sebelumnya adalah sia-sia.

Hal hasil sampai detik ini tanggal 31 Juli 2014 pukul 22.30 WIB, barang tersebut belum sampai ke tangan saya.

Sementara itu sudah datang lagi tagihan baru yang harus saya bayar menggunakan kartu yang sudah expired ini.

Saya tidak bisa membayangkan kelau persoalan di atas terjadi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku atau Papua.

Mungkin 6 bulan baru sampai ke nasabahnya….. he3x 😀

Sebagai perbandingan, Kantor Pusat Bank Mandiri berada di Jakarta, sedangkan saya sebagai nasabah juga masih bermukim di Jakarta (hanya terpisah jarak sekitar belasan kilometer).

Harus menunggu segitu lama…. !!!

Bagaimana di daerah lain ?

Wallahualam…..!!!

