Tags

, , , ,

IMG_1312

Loghraf atau Loopgraf

Loghraf adalah sebuah bangunan berupa shelter pelindungan dari serangan udara (pasukan jepang) untuk para Pekerja dan keluarga Tambang Minyak Distrik I, pada masa Perang Dunia II. Didirikan sekitar 1938 oleh pemerintahan kolonial belanda.

Terletak di daerah Kampung Satu, Kota Tarakan, Propinsi Kalimantan Utara.

Dari dua papan pengumuman (informasi) di depan bangunan, terdapat beberapa perbedaan yakni :

Versi Pertama, versi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tarakan, menuliskan bahwa nama bangunan ini adalah Loghraf  dan didirikan sekitar tahun 1938 (seperti keterangan di atas)

Versi Kedua, versi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tarakan yang menjelma menjadi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Tarakan, menuliskan bahwa bangunan ini adalah Loopgraf  dan didirikan antara 1936 – 1939.

***

Dari informasi yang saya peroleh, dikatakan bahwa Tarakan adalah wilayah Indonesia yang pertama diserang dan diduduki oleh penjajah jepang, apalagi pada jaman  itu Tarakan dikenal dengan kilang minyak yang konon kabarnya nomor satu di dunia.

Dapat dibuktikan hingga saat ini, di sekitar Kota Tarakan masih banyak kilang-kilang minyak, baik yang sudah “mati” maupun yang masih aktif dan masih berproduksi.

Saya yakin, hal di atas merupakan satu alasan jepang memperlakukan Tarakan sebagai wilayah penting dan harus dikuasai terlebih dahulu dengan maksud agar dapat mendukung kebutuhan industri di jepang sendiri dan operasional mesin perangnya di beberapa negara jajahan.

Disamping itu, posisi Geografis Tarakan yang sangat strategis dan dekat dengan jepang, membuat transportasi pengiriman minyak melalui laut akan lebih cepat.

IMG_1313

Pintu Masuk Loghraf

IMG_1318

Lebih ke dalam Loghraf

IMG_1317

Ruangan dalam Loghraf

Advertisements