Tags

Cranberry

Cranberry Juice

Malam itu sekitar pukul 19.00, udara terasa panas dan kerongkongan mulai kering. Meskipun biasanya saya tidak begitu suka minuman dingin apalagi manis, kali ini ketika ditawarkan oleh petugas restoran, saya malah bersedia disuguhkan minuman seperti itu.

Petugas menawarkan beberapa jenis minuman.

Seperti biasa saya menanyakan : “Minuman spesifik di restoran ini apa, Mbak ?“. si Petugas menyarankan agar saya memilih Cranberry Juice.

Karena kurang familiar dengan nama buah itu, saya menanyakan : “Bentuk cranberry itu seperti apa?“. Dengan tenang si Petugas menjawab : “Bapak browsing saja Pak….“.

Ooooh iyaa…. benar…!!! “, kata saya.

Ha3… benar juga, saya segera browsing dan mencari informasi tentang buah tsb.

Menurut info dari sumber yang saya dapatkan (di sini),ย  Cranberry termasuk keluarga Vaccinium, dengan nama latin Oxycoccos. Cranberry berdiameter sekitar 6 โ€“ 18 mm, matangnya berwarna merah dan rasanya asam. Amerika Serikat merupakan produsen Cranberry terbesar di dunia, pasokan terbesar dari negara bagian Wisconsin. Budidaya Cranberry juga dilakukan di Chile, negara-negara Balkan dan Eropa Timur. Cranberry banyak digunakan sebagai saus makanan, jus dan manisan. Selain mengandung antioxidant polyphenol, Cranberry juga mengandung alkaloids sepeti anthocyanidin, cyanidin, peonidin dan quercetin yang berguna mencegah kanker. Jus Cranberry juga dipercaya dapat mencegah batu ginjal.

***

Ketika dihidangkan saya menanyakan : “Mbak, saya boleh lihat buah cranberry aslinya… ?

Tadinya, saya pikir ada cranberry yang masih berbentuk buah di restoran tsb. Nah saya ingin melihat tampilan buahnya seperti apa ?

Petugas menjawab : “Tidak ada Pak, ini sudah langsung dari kalengnya

He3….. saya salah pengertian, ternyata yang dihidangkan ke saya adalah minuman kaleng. Mereka tinggal buka kalengnya, tuangin ke gelas, terus ditambahkan es, sedotan, kemudian dihidangkan….selesai……..!!! ๐Ÿ™‚

Tapi rasanya lumayan lah, ada rasa manis, asam dan kecut……saya suka.

Alhamdulillah yang penting sudah bisa menyegarkan tenggorokan kembali…… ๐Ÿ™‚