Tags

, , , ,

20131119_081524

Bagi saudara-saudara kita yang berasal dari Manado, pasti nama cemilan yang satu ini tidak asing lagi. Halua Kelapa adalah salah satu jenis oleh-oleh khas Manado yang enak dan lezat dengan komposisi terdiri dari Palm Sugar (Gula Aren) dan Coconut (Kelapa).

Nah, ketika ke Manado beberapa waktu yang lalu, saya beli cemilan ini sebagai salah satu jenis oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta, bahkan sempat saya kirim kepada keluarga di Batam (Grand Merciful Building tempat penjualan dan pusat oleh-oleh di Manado, tempat saya mendapatkan Halua Kelapa ini juga melayani pengiriman ke luar kota).

***

Pada suatu malam, beberapa hari setelah sampai di Jakarta, saya mulai mencari-cari makanan cemilan.

Saya teringat salah satu cemilan yang belum sempat saya nikmati, yaitu Halua Kelapa yang dipotong empat persegi dan di-packing menggunakan wadah plastik.

20131119_081536

Halua Kelapa dari Kelapa dan Gula Aren

Saya coba satu potong, lumayan lezat, ada rasa kelapa muda yng dikeringkan, terus rasa manisnya berasal dari Palm Sugar (Gula Aren), sehingga rasanya tidak terlalu manis, tapi enak di mulut.

Saya teringat dengan Uni Evi yaitu Pemilik Blog Jurnal Evi Indrawanto, yang selalu mengingatkan manfaat dan khasiat Palm Sugar terhadap kesehatan. Apalagi beberapa waktu yang lalu beliau pernah menyelenggarakan “Lomba Blog Pemanis Sehat” yang rencananya ingin saya ikuti, tapi tidak kesampaian……. 😦 

O ya, kembai ke pokok permasalahan tentang Halua Kelapa.

Ketika Halua pertama habis saya makan, kok rasanya ada yang ga hancur digigit. (Maaf) sisa tersebut saya keluarkan dari mulut dan saya buang ke tisu.

Kemudian potongan yang kedua juga terasa begitu……

Saya sadar setelah potongan yang kedua habis setengahnya. Saya perhatikan baik-baik, kayaknya ada yang salah dengan makanan ini, kok ada rasa kertas.

Saya bolak-balik, ternyata benar……..!!! di bagian belakang Halua Kelapa ada lapisan KERTAS….!!!

Seharusnya sebelum dimakan, lapisan kertas tsb dilepas dulu…. !!!

Saya kejebak Halua Kelapa….!!!

20131119_081549

Kertas Pelapis Halua Kelapa