Tags

, , ,

IMG_0447

Ketika saya pulang ke tanah kelahiran di Padang, Sumatera Barat pada akhir Maret Tahun 2013 lalu, saya sempat mampir ke  “Pondok Lamang Kawa Daun” yang terletak di Jalan Raya Padang – Bukittinggi.

Warung ini menyediakan minuman hangat yang terbuat dari daun kopi “Daun Kawa” dengan berbagai cerita sebagai sejarah panjang  yang mengiringi keberadaan minuman ini.

Pengalaman di atas  saya tuangkan dalam postingan “Aie Kawa” (teman-teman dapat mengikutinya di sini )

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, saya mendapat feedback  berupa komentar dari tulisan tersebut, salah satunya dari seorang sahabat yaitu Mycel Pancho,  yang diawali pada :

7 Oktober 2013

Mycel Pancho (MP) : Halo, Mas… Mau tanya kalau misalnya aku mau pakai foto-foto di atas untuk dimuat di majalah internal bolehkah? Ada kompensasinya juga. Kutunggu tanggapannya ya. Salam, Mycel Pancho.

Saya baru menjawabnya beberapa hari kemudian, yaitu :

10 Oktober 2013

Saya (S) : Silahkan Mas, tapi tolong berikan link majalah tersebut ke saya. Supaya saya juga bisa ikut membacanya, dan tolong dituliskan juga sumber gambar-gambar tsb, serta link blog ini. Trims.

11 Oktober 2013

MP : Terima kasih, Mas Ded.. Nanti kalau jadi dipakai, akan saya kirimkan majalahnya ke alamat Mas (karena hanya ada versi cetak). Saya minta emailnya ya untuk kontak lebih detail lagi. Pasti akan saya muat credit titlenya. Sila emailkan saya foto-foto hiresnya ke *************** ya… Nanti kita lanjut ngobrol di sana lebih detail. Terima kasih banyak.

11 Oktober 2013

MP : *fotonya yang masih data mentah (belum dimanipulasi digital)

Selanjutnya saya dan Pancho berkomunikasi lewat email.

12 Oktober 2013

S : Yth, Sdr Mycel. ini alamat email saya. Tx Dedy

14 Oktober 2013

MP : Halo, Mas Dedy. Terima kasih atas responnya. Aku infokan bahwa aku ingin menggunakan beberapa foto untuk dimuat dalam sebuah artikel yang membahas tentang ragam minuman tradisional. Artikel tersebut akan diterbitkan dalam majalah internal sebuah bank swasta. Oleh karena itu, aku melihat di blog bahwa Mas Dedy memiliki banyak foto-foto Kopi Kawa dan tertarik untuk memakainya. Jika memang Mas Dedy sudah menerima tawaran ini, aku ingin Mas Dedy mengirimkan foto-foto hi-res Kawa Daun yang Mas miliki. Nanti akan aku pilih mana yang akan dimuat sebagai foto artikel. Foto-foto yang ada di blog, Mas Dedy sudah cukup lengkap, karena itu aku minta dikirimkan hi-resnya yang belum diedit sama sekali ya. Nanti dari foto-foto tersebut kuseleksi lagi. Kompensasi yang kuberikan adalah Rp ***********/foto yang dimuat dalam majalah, credit title (berupa nama di redaksional), dan akan kukirimkan majalah versi cetaknya. Demikian penjelasanku ya, Mas Dedy. Kutunggu tanggapannya segera ya. Kalau memang sudah setuju, langsung emailkan padaku foto-foto hi-resnya ke sini. Terima Kasih, Regards, Mycel Pancho, Freelance Writer, Kompas Gramedia

Mungkin karena tidak ada balasan dari saya, Pancho mengirim email kembali:

19 Oktober 2013

 MP : Halo, mas Dedy. Ingin mengingatkan bahwa aku masih menunggu tanggapannya perihal foto kopi Kawa Daunnya. Minta konfirmasinya ya mas, apakah bersedia atau tidak. Kalau bersedia, aku minta dikirimkan foto2nya minggu ini, soalnya deadlineku cukup ketat. 🙂 aku tertarik foto Mas Dedy krn bagus2 dan sesuai dengan yang kubutuhkan. Nanti tinggal kuajukan hi res mentahannya dari Mas Dedy ke editor foto agar dipilih mana yg akan dimuat. Terima kasih banyak, Mas Dedy :). Kutunggu ya. Salam

Saya juga belum sempat membalas, MP kembali menulis di bagian komentar di blog saya :

21 Oktober 2013

MP : Siang, Mas Ded. Aku mau infokan bahwa aku ada mengirim email perihal foto. Ditunggu responnya ya. Terima kasih

22 Oktober 2013

S : Ok, saya cek dulu. Nanti saya kabari

25 Oktober 2013

S : O ya klo mau koor ini pin saya ********

25 Oktober 2013

Halo, Mas. aku sudah add pin BBnya ya. kita lanjut kontak di sana. Terima kasih.

He3…..setelah kontak lewat BB, perkiraan saya selama ini kepada Pancho salah besar. Saya mengira Pancho adalah seorang laki-laki, saya baru tau bahwa Mycel Pancho berjenis kelamin perempuan 😀

***

Singkat cerita pada Selasa (14/1) majalah yang ditunggu-tunggu datang juga, yaitu sebuah majalah eksklusif dengan penampilan mewah yang dikirimkan ke alamat saya.

Majalah Bukopin Prioritas Edisi 03 2013

IMG_0446

Sebagai Media Consultant majalah ini adalah CRE8 – Creative Communication Boutique Kompas – Gramedia – Group of Magazine yang salah seorang crewnya adalah Mycelrrella-Pancho.

Pada halaman 64 s/d 67 terdapat artikel tentang “Si Hitam Nikmat yang Menyimpan Cerita dari Zaman Penjajahan Belanda” (Teks : Mycel Pancho, Ajeng Pusparani).

Menampilkan beberapa buah foto hasil jepretan saya sekaligus menuliskan nama saya sebagai fotografernya.

IMG_0448

PS : Mohon maaf kepada Pancho, karena beberapa kali saya terlambat membalas emailnya.

Advertisements