Tags

, , ,

Pembayaran GST

(lanjutan Posting seebelumnya)

Saya mengurus GST Refund (pengembalian pajak) di Bandara Paris – Charles de Gaulle.

Agar tidak ketinggalan pesawat, saya harus sampai di bandara lebih awal. Jadi meskipun keberangkatan di pukul 12.00, namun saya sudah on the way menuju bandara pukul 8.30

***

Jarak antara pintu masuk bandara ke terminal keberangkatan cukup jauh (berada di lantai 3). Apalagi sejak dari pintu masuk, cek-in sampai ke  loket GST Refund dan masukin bagasi, antriannya cukup panjang (meskipun bukan musim liburan).

Prosedur dan hal-hal yang saya lakukan untuk mendapatkan pengembalian pajak ini antara lain, adalah :

  1. Cek-in dan minta boarding pass terlebih dahulu di counter cek-in.
  2. Saya turun satu lantai pakai lift, lalu antri ke custom untuk di cek dan di stempel lembaran GST Refund-nya.
  3. Pindah ke sebelahnya ke counter Travellex/Money Changer (meskipun hanya pindah ke sebelah tapi tetap harus antri lagi). Di sini Petugas akan menyerahkan uangnya, tapi sebelumnya dicek lagi oleh seorang petugas yang menanyakan apakah saya perlu transfer atau cash (He3 saya minta dibayar cash dengan US Dollar)

    Catatan :
    Teman saya mengatakan, Petugas di Travellex kadang ‘curang’, yang mau ambil Euro, dilamain antrinya, jadi disarankan ambil saja US Dollar biar pelayanannya lebih cepat (Btw ada dua orang anak muda Indonesia yang pesawatnya bareng dengan saya minta dibayar dengan Rupiah).

  4. Setelah uangnya saya dapatkan, saya balik lagi ke counter cek-in (satu lantai di atas) dan masukin barang-barang ke bagasi.
Cek dan Antri

Kiri : Petugas menanyakan apakah pembayarann cash atau transfer, dengan mata uang apa ?
Kanan : Antrian di loket pembayaran

O ya, waktu yang dibutuhkan untuk mengurus pembayaran GST Refund  ini kurang lebih satu jam. Jadi alokasikanlah waktu selama itu untuk mengurus pembayaran pajak tsb di bandara.

Tips dan Saran :
Jika punya kenalan (satu pesawat) yang duduk di business class, masukin saja barang-barang barengan, bilang aja one family together. Kita pasti akan dilayani lebih cepat dan lebih baik….!!!