Tags

, , , ,

GST Refund

Amplop berisi cek atau voucher GST Refund.

Pengalaman yang sangat berharga saya peroleh ketika membelikan titipan Jersey PSGΒ  (Paris Saint-Germain) ananda Kevin.

Ketika kembali ke hotel, teman saya menanyakan : “Apakah barang-barang yang dibeli itu sudah diminta GST Refund-nya ?”.

GST Refund ?

Binantang apaan itu ?

Teman saya menjelaskan bahwa : GST Refund adalah pengembalian pajak dari barang-barang yang kita beli di suatu negara”.

Katanya lagi : “Biasanya ketika kita berbelanja di toko-toko yang terdaftar dalam program ini. Pengembalian pajak akan dibayar ketika kita membawa barang-barang tsb keluar negara itu (seperti di bandara)”.

GST adalah Goods and Service Tax atau Pajak Layanan dan Barang.

Sebagai info, negara tetangga kita Singapura sudah menerapkan sistem ini sejak 1994 secara bertahap.

***

Paris-20131121-02790

Toko resmi penjualan Jersey dan merchandise PSG di Paris

Saya penasaran dan segera kembali ke toko tadi (toko resmi penjualan Jersey dan merchandise PSG di Paris).

Saya menanyakan kepada kasir.

He3x… ternyata memang ada……kasir tsb meminta dan mencatat Passport saya, kemudian memberikan amplop berisi cek atau voucher GST Refund.

Saya tidak tau apakah ini memang disengaja ataukah permainan petugas ? atau petugasnya yang lupa. Padahal seharusnya mereka memberikan penjelasan tentang kebijakan tersebut kepada siapa saja yang bukan warga negara Perancis. Saya yakin mereka pasti tau bahwa saya bukanlah Warga Negara Perancis.

O ya, selain dari toko tersebut saya juga dapatkan GST Refund di Pusat Perbelanjaan Galeries AlFayette. Tentu saja, karena saya minta, klo ga minta tidak akan dikasih.

Berbeda dengan toko penjualan Jersey PSG, di Galeries AlFyette pengurusan GST Refund dilakukan di tempat khusus di lantai dasar untuk perorangan dan di lantai tiga untuk grup (kelompok)

IMG_9523

IMG_9524

IMG_9510

Tempat Pengurusan GST Refund di Galeries AlFayette untuk perorangan di lantai dasar

Lumayan, setiap barang yang kita beli, akan dikembalikan lagi sebanyak 20% dari harga barang tersebut.

