Tags

, , , , , ,

IMG_9948

Ribetnya, jika tinggal di negara yang punya empat musim seperti Perancis apalagi yang menyangkut perlengkapan pakaian pada saat musim dingin (winter) sudah semakin dekat seperti sekarang ini.

Ditambah lagi diselingi dengan hujan……

Untuk menghadapi cuaca yang dingin tersebut, kita perlu melakukan persiapan mulai dari Long John (di Indonesia biasa disebut dengan Baju Hanoman), sarung tangan, kupluk yang sekalian bisa nutupin telinga, vest, jaket tebal (dengan lapisan bulu angsa segala), syal penutup leher dll, ditambah lagi dengan kebiasaan suka bawa kamera (ga kebayang kalau dengan lensa tambahan).

Sementara, kalau mauΒ  menggunakan kamera harus membuka sarung tangan dulu, taruh di kantung jaket, ujung-ujungnya …….. hilang….!!!

Karena ga tahan dingin, akhirnya beli lagi…….lumayan harganya €10…..

Musim dingin, kalau di dalam ruangan (indoor) tidak masalah karena ada heater (pengatur udara) yang dapat membuat ruangan menjadi hangat. Menjadi probem kalau kita punya kegiatan outdoor…..

Tadinya saya beranggapan orang yang sejak lahir sudah berada di negara dingin, akan lebih tahan dingin, ternyata ga juga. Mereka juga tetap memakai pakaian seperti yang kita gunakan.

IMG_9416

IMG_9420

Selesai hujan

IMG_9421

Setelah mengalami bagaimana repotnya hidup di negara seperti ini, barulah kita merasa bahwa tinggal di Indonesia jauh lebih beruntung, kita bisa melakukan kegiatan apa saja tanpa dihalangi oleh musim.

Hidup di Indonesia jauh lebih nyaman, suasanannya hangat (setiap hari bisa lihat matahari), pakai kaos (t-shirt) ayo….., bahkan bercelana pendek pun oke…..

Tidak perlu ribet menggunakan long john, jaket tebal, sarung tangan, kupluk, vest atau syal dll.

Kesimpulannya :

Indonesia is my country…..

Indonesia,Β  I love you……