Tags

, , , ,

IMG_9369

Tempat pertama yang menjadi perhatian saya di Paris adalah Monumen Arc de Triomphe, bentuknya mirip dengan sebuah gapura raksasa yang terletak di Place Charles de Gaulle, Paris, seakan merupakan pintu gerbang untuk masuk ke Champs Elysees, bahkan pintu masuknya Paris.

Posisinya tepat ditengah-tengah persimpangan (seolah-olah menjadi titik sentral kota Paris), karena itulah bangunan ini disebut juga dengan “Titik Nol” atau “Zero Ground“.

Setelah menitipkan barang-barang di hotel, saya berjalan kaki ke Arc de Triomphe (±100m dari hotel).

Saya lihat banyak orang di sana, karena tempat ini adalah salah tujuan wisata di Paris. Dapat dipastikan setiap wisatawan yang datang ke Paris akan mengunjungi gapura ini.

Pagi itu (Jam 10) saya menemukan dua group wisatawan dari Indonesia,  ada juga keluarga Malaysia (saya tau dari bahasanya) yang sedang foto-foto untuk mengabadikan momen berharga tsb.

IMG_9362

IMG_9363

Para wisatawan mengambil gambar di seberang jalan, sedangkan Arc de Triomphe berada di tengah-tengah. Untuk mencapainya kita bisa melewati sebuah terowongan yang panjangnya sekitar 50m agar kita  sampai tepat di bawah monumen ini.

IMG_9912

Terowongan menuju monumen

IMG_9917

IMG_9918

Dinding monumen dipenuhi dengan patung-patung, dan nama-nama para pahlawan yang hidup di jaman keemasan Napoleon Bonaparte. Di bagian lantainya terdapat sebuah obor dan api, sebagai tempat menabur bunga atau bouquet untuk menghargai Pahlawan mereka, ada juga tuisan-tulisan untuk memperingati suatu kejadian.

Arc de Triomphe

***

Pada malamnya saya mencoba naik ke monumen ini, karena saya lihat waktu siang tadi banyak orang yang naik sampai ke puncak, kayaknya tidak begitu tinggi.

Dengan membeli karcis seharga 9.5€, saya melewati loket pemerikasaan.

Ups….. ada tangga, kelihatannya agak banyak…

#Ga kepikir bahwa monumen ini dibangun tahun 1806, mana ada  lift#

Tangga lagi…tangga lagi…..,

Saya hitung sejak dari bawah tadi, sudah melewati anak tangga yang ke-100…!!!

#Lama-lama capek juga ngitungin tangganya……#

Ampuuuunn……..!!!, anak tangganya ga habis-habis, sementara kaki sudah mulai susah diajak kompromi untuk melangkah naik, beraaattt…

Dua kali istirahat, disertai napas kembang-kempis, finally sampai juga ke puncak Arc de Triomphe.

(Ga usah diceritain bagaimana di atas monumen, saya lihatkan saja gambarnya)

Setelah saya taya Om Wiki tinggi Arc de Triomphe adalah 50m..!!!

Kemudian ketika turun, saya tanya ke penjaga berapa jumlah anak tangga untuk ke puncak, jawabannya 280 anak tangga……!!!

Astagfirullaah al ‘aziiimmm……, barusan saya naik sampai ke tangga 280?

Untuk naik tangga yang dihajar adalah pangkal paha bagian atas (sampai sekarang masih sakit sudah dua kali pijit),  sedang turun tangga yang jadi sasaran adalah dengkul.

Tangganya terjal, hanya satu tempat istirahat…..

Lemes…. teler……kapok….!!!

# Contoh orang kurang informasi, ga tau bahwa untuk ke puncak Arc de Triomphe harus lewat sebanyak 280 anak tangga #

Kebayang….., untuk sampai ke hotel saya harus berjalan 100m lagi……. 😦

IMG_9943

IMG_9919

Penampakan pertama di tangga ke-20

IMG_9920

Penampakan kedua

Penampakan ketiga IMG_9936

IMG_9925

Champs Elysees

Zero Ground

IMG_9938

Posisi tertinggi utk melihat Paris dari atas

Peenampakan di tangga turun

Penampakan terakhir (ketika turun)

