Tags

, , , , , ,

20131106_085922

Meja Resepsionis dilihat dari Kursi Tamu

Buat saya, bisa berkunjung ke Kantor Google Asia Pacific Pte. Ltd. di Asia Square 8 Marina View, Singapore adalah suatu yang istimewa, karena tanpa disadari dalam berbagai aktifitas sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari Search Engine yang satu ini.

Di Resepsionis Gedung

Sebelum memasuki gedung Asia Square, harus mendaftar di lantai dasar terlebih dahulu, menyerahkan tanda ID-Card (passport) dan menjelaskan maksud kedatangan.

Berikutnya kita mendapatkan ID-Card khusus yang harus ditempelkan di baju selama berada di gedung tsb.

Di “Ruang Tamu”

Di lantai 30 gedung ini, saya harus melapor kepada Resepsionis Google yang mempersilahkan saya menunggu di “ruang tamu”.

Di dinding “ruang tamu” terdapat dua buah LCD TV ukuran sekitar 50 inchi yang salah satunya menampilkan 25 Windows (5×5) yang dapat memonitor aktifitas orang-orang (negara-negara) yang sedang mengakses Google Search Engine di semua belahan bumi ini secara bergantian.

Bangku-bangku dan sofa di ruang tamu dibungkus atau dicat dengan warna-warna cerah dan meriah. Salah satu bangku panjang berwarna merah dihiasa boneka ular berwarna merah pula dengan totol-totol putih.

20131106_113245

LCD TV dengan 25 Windows

O ya, di dinding dekat pintu masuk tergantung sebuah robot yang terbuat dari kertas manila (karton), berwarna hijau, mirip dengan Si Robot “Android“.

20131106_085819

Boneka dari Karton

Di dekat sofa yang saya duduki terdapat sebuah Sangkar Burung yang terbuat dari kayu jati sehingga terkesan kuno.

Apalagi lantai ruangan ini dilapisi oleh papan.

20131106_113324

Ada juga sebuah taman kecil dengan pohon-pohon hidup yang membikin segar ruang tamu tsb, apalagi jika melihat ke diding kaca gedung akan terlihat keindahan Gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya dengan kolam renang dan Daerah Terbukaa Hijau (lapangan rumput) serta Merlion Park dari atas (Marina View).

View Marina2

Taman kecil dan Marina View dari “Ruang Tamu”

View Marina1

Gedung-Gedung sekitar Asia Square

Saya melihat beberapa karyawan umumnya berpakaian santai, kayaknya mereka bebas menggunakan pakaian apa saja, sejauh enak dipandang dan sopan, apakah dengan baju kaos oblong/krah, kemeja dll, atau memakai celana bahan maupun jeans.

Penggunaan kamera di ruang tamu diperbolehkan

Di Ruang Makan Utama

Semua karyawan dan tamu Google bisa makan sepuasnya di ruang makan utama kelas bintang lima, makan secara cuma-cuma alias gratis.

Sebagai Google Guest sudah pasti kesempatan ini tidak saya sia-sia kan apalagi saya sengaja tidak sarapan di hotel pagi itu (karena tau bahwa di Google bisa makan gratis).

Tentu saja semua pelayanan kita lakukan sendiri (self service), mulai dari memilih meja makan, antri makanan/minuman, meletakkan alat makan/minum yang kita gunakan, menaruh alat-alat tsb ke tempatnya, memisahkan piring, gelas, sendok dan membuang yang masih tersisa ke tempat sampah.

Semua yang makan melakukan hal itu, termasuk saya (malu dong sudah makan gratis, masa menaruh piring/gelasnya saja ga mau ?)

Disamping ruang makan utama, di setiap lantai juga tersedia kafe (sekelas starbucks) yang menyediakan makan-makan kecil (cemilan) maupun minuman baik dingin maupun hangat yang dapat dinikmati oleh para karyawan dan tamu disela-sela kesibukannya, kapan saja.

Inipun disediakan gratis…!!!

Fasilitas

Di setiap lantai tersedia ruangan untuk olah raga, diantaranya tenis meja, meja billiard dan tempatΒ  bermain game (seperti Timezone kecil), ruangan istirahat dengan lampu bercahaya redup (apakah hanya untuk duduk-duduk sambil ngobrol bahkan tidurpun boleh).

Meskipun tidak di semua lantai, juga tersedia tempat untuk nge-gym, main volly, main basket, ruang refleksi, ruang training, ruang meeting dengan fasilitas multimedia yang dapat terrhubung dengan Google di seluruh dunia.

Penamaan Ruangan

Setiap ruangan selalu punya nama, dan nama yang paling berkesan buat saya adalah Bandung Room dan satu lagiΒ Agnes Monica Room.

O ya, ruang makan utama tadi (tempat saya sarapan) namanya Goopitiam, mengambil nama sebuah warung kopi dan sarapan tradisional Singapur dan Malaysia termasuk Indonesia yaitu Kopitiam.

Advertisements