Tags

, , ,

Mesjid Raya BaiturrahmanAlhamdulillah, akhirnya saya sampai juga ke propinsi paling Barat Indonesia, yaitu Propinsi Aceh dengan Ibukotanya Banda Aceh, yang sering juga disebut dengan “Serambi Mekah”.

Aceh mempunyai icon sebuah mesjid yang indah dan megah bernama Mesjid Raya Baiturrahman, sebuah rumah ibadah yang sedari kecil tidak pernah hilang dari ingatan saya.

Mesjid ini, seolah-olah mengembalikan saya kepada masa silam, disaat kartu pos (postcard) masih menjadi idola, sebagai sarana pengikat tali silaturrahmi, untuk saling memberi dan menerima ucapan selamat, biasanya untuk ucapan “Hari Raya Idul Fitri” kepada sahabat dan orang-orang yang kita sayangi.

Nah, gambarย  mesjid ini kerap dijadikan sebagai latar belakang kartu-kartu pos tsb.

Alhamdulillah lagi, akhirnya saya bisa punya kesempatan beribadah dan melakukan Shalat Zuhur di mesjid ini. Dengan halaman yang luas, fasilitas wuduk yang memadai dan bersih, karpet yang bersih, serta ruangan shalat yang luas dan nyaman membantu kita beribadah dengan khusuk. Ruangan di dalam mesjid tersasa sejuk, meskipun di luar matahari bersinar dengan garangnya yang membuat udara terasa sangat panas.

Mungkin karena arsitekturnya yang memperhitungkan segala segi, ย  seperti kubahnya yang besar dengan langit-langit yang tinggi, serta sirkulasi udara yang memadai.

IMG_8169

IMG_8168

Pintu Gerbang Mesjid

IMG_8177IMG_8178

Advertisements