Tags

, , , , , , ,

MTR atau Mass Transit Railway adalah sistem transportasi massa yang sangat populer di Hongkong. Bahkan teman saya (sebut saja namanya) Kenny kelahiran Langsa (± 400 km dari Banda Aceh) yang telah menetap di Hongkong selama hampir 40 tahun, menyatakan bahwa tidak kurang dari 5 juta orang di Hongkong menggunakan moda transportasi ini setiap harinya.

Kenny menambahkan MTR Hongkong diklaim sebagai MTR yang paling mudah dipahami di dunia, meskipun baru pertama kali menggunakannya.

Saya mencobanya sendiri, dari Stasiun Tsim Sha Tsui (suatu nama yang paling susah untuk saya ingat sampai saat ini), menuju Stasiun Tseung Kwan O di Kowloon East.

Kenny menyerahkan selembar MTR System Map dan memberitahu cara menggunakannya sekaligus memberikan contoh. Mulai dari penggunaan Ticket Machine dengan layar sentuh, menyentuh titik tujuan, memilih jumlah penumpang (kalau lebih dari satu orang), jumlah penumpang dewasa, jumlah penumpang anak-anak, melihat nilai total yang harus dibayar, memasukkan uang kertas atau koin yang ditentukan, mengambil tiket dan kembaliannya.

MTR System Map

MTR System Map

***

Dari Stasiun Tsim Sha Tsui kita harus naik MTR jalur merah menuju Stasiun Jordan dan Yau Ma Tei, kemudian ke Stasiun Interchange Mongkok (stasiun pertukaran atau ganti MTR) warna hijau menuju Prince Edward, Shek Kip Mei, Lok Fu, Wong Tai Sin, Diamond Hill, Choi Hung, Kowloon Bay, Nga Tau Kok, Kwun Tong, Lamtin, Interchange Tiu Keng Leng, sambung dengan jalur warna ungu ke Stasiun tujuan di Tseung Kwan O.

Jadi dari Stasiun Tsim Sha Tsui ke Stasiun Tseung Kwan O,  untuk 3 dewasa dan satu anak-anak biayanya HK $37, dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit….!!!!

Besoknya saya coba lagi dari Stasiun Disney ke Mongkok (lupa berapa HK $), kemudian dari Mongkok ke Tseung Kwan O (HK $33) . Masing-masing tujuan itupun hanya membutuhkan waktu 30 menit.

IMG_7592

Ternyata benar MTR di Hongkong mudah saudara-saudara…!!!

Ga perlu naik taxi, soalnya mahaaaal….

Jadi kalau ke sana ga usah pakai guide, jalan saja sendiri sambil buka map di gadget kita.

Advertisements