Tags

, ,

Kejadian ini saya tulis agar tidak ada lagi teman-teman yang terjebak dengan sistem pengurusan visa di Visa Facilitation Service (VFS) Jakarta, khususnya VFS Norway Jakarta, yang dilakukan oleh PT.VFS Services Jakarta .

Hari Rabu 28 Agustus 2013, saya pergi ke VFS Jakarta di Plaza Asia / Plaza Abda Lt 22 untuk mengurus kepergian saya ke Norway, dengan kelengkapan sesuai dengan VFS Norway Checklist.

Setelah mengantri, saya bertemu dengan seorang petugas visa. Petugas tersebut meminta persyaratan saya dan kemudian kejadian kurang menyenangkan terjadi.

Saat melihat foto dan dokumen lainnya, petugas mengatakan bahwa, pasfoto dan fotokopi passport saya salah. Kemudian dia menunjukkan bahwa ada dokumen Bussiness Conf Sports Cultural Form yang terbaru yang menyatakan bahwa, pas foto yang benar adalah 4×3.5 dan fotokopi passport harus A4 (tidak boleh dipotong). Saya protes, karena dokumen yang tertera di website adalah 4×3 untuk pas foto dan tidak ada ketentuan semua dokumen harus A4.

Kemudian dia berargumen bahwa keputusan ini baru dikeluarkan Senin 26 Agustus 2013, tetapi di header formulir tersebut saya melihat formulir terbaru mulai berlaku Januari 2013, akhirnya saya harus membuat pas foto dan fotokopi ulang di tempat yang disediakan, dengan biaya Rp 65.000,-

Bayangkan berapa orang yang menjadi korban sejak Januari 2013, sampai artikel ini saya email form checklist yang diunduh dari VFS Norway masih form yang sama dengan yang lama (Friday 06 September 2013, 20.02 WIB).

Jadi berhati2lah…..!!!

PS :

  1. Artikel ini ditulis oleh penulis tamu di blog saya, yaitu Sdr. Amien “Fade2Green”, seorang yang saya kenal sebagai IT Security.
  2. Isi artikel diluar tanggungjawab Admin Blog ini.