Tags

Paspor

Proses terakhir penggantian paspor adalah pengambilan, yang dilakukan 3 (tiga) hari kerja setelah melakukan pembayaran, foto dan wawancara.

Saya diminta datang pukul 10.

Dengan membawa bukti pembayaran, saya datang tepat seperti yang disarankan. Saya masukkan tanda bukti tersebut ke dalam kotak yang sudah disediakan.

Dalam waktu kurang lebih setengah jam nama saya dipanggil, dan saya mendapatkan paspor baru 48 halaman, yang berlaku selama 5 (lima) tahun  berikutnya.

Petugas minta supaya saya mengcopykan halaman depan (yang ada fotonya) satu lembar untuk diserahkan kepadanya.

Oh ya, dari pengamatan saya, kalau kita tidak sempat datang lebih awal, bisa juga datang sekitar pukul 10.30. Alasannya pengunjung sudah jauh berkurang, sedangkan pendaftaran baru ditutup pukul 11. Jadi antriannyapun saya rasa tidak terlalu lama.

Sekali lagi tidak usah menggunakan CALO, kita sendiri juga bisa kok, dan pengurusan paspor untuk yang terdaftar dalam satu KK bisa dilakukan oleh salah satu nama yang tercantum di Kartu Keluarga (KK) tersebut.

Menurut Petugas : “Berapa orangpun yang tertulis di dalam KK, akan kami layani”

IMG-20130724-02381

Proses penggantian paspor secara manual memakan waktu selama 3 kali kedatangan atau 6 hari kerja :

  1. Kedatangan pertama : penyerahan dokumen paspor
  2. Kedatangan kedua (dua hari kemudian) : pembayaran, foto dan wawancara
  3. Kedatangan ketiga (tiga hari kemudian) : pengambilan paspor
  4. Selesai.
