Tags

,

IMG-20130719-02360

Pengambilan Nomor Antrian

Dua hari setelah penyerahan Formulir Penggantian Paspor (Jumat, 19 Juli 2013), saya datang kembali ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan di Warung Buncit untuk foto dan wawancara.

Pagi itu jalanan cukup lancar, sehingga pukul 6.55 saya sudah sampai di sana, lansung ke lantai dua dan mengambil nomor  antrian (nomor C025).

Menurut informasi Petugas, biasanya sampai pukul 8 (sebelum loket dibuka) nomor antrian sudah mencapai 400, mungkin karena saat itu sedang bulan puasa dan para orang tua mengantar anaknya ke sekolah (awal tahun ajaran baru), jadi relatif lebih sepi.

***

Setelah nomor antrian saya dipanggil, saya melakukan pembayaran di loket 11 sebanyak Rp 255.000,- (Dua ratus lima puluh lima ribu rupiah).

Kemudian saya diminta untuk ke ruang tunggu bagian foto dan wawancara (masih di lantai yang sama yaitu lantai 2).

Hanya sekitar 10 menit menunggu, nomor antrian saya pun dipanggil untuk masuk ke sebuah ruangan yang bersekat-sekat (masing-masing dengan petugas dengan peralatan satu unit komputer dangan perangkat kamera).

Mampang Prapatan-20130719-02365

Ruang Tunggu Foto dan Wawancara

Selesai foto, dilanjutkan dengan wawancara (kalau boleh dikatakan, sebetulnya bukan wawancara, hanya sekedar konfirmasi data apakah yang tercantum di layar sudah benar ? ).

Selesai kedua proses di atas, saya diminta untuk datang kembali 3 (tiga) hari lagi pada pukul 10, dengan menunjukkan kuitansi pembayaran sebagai bukti untuk pengambilan paspor.