Tags

, ,

koi1Dari beberapa jenis ikan yang ada di kolam saya, selain Koi ada juga ikan-ikan lain misalnya Ikan Patin, beberapa jenis Ikan Mas, bahkan Ikan Sapu-sapu πŸ™‚

Selain Koi sebetulnya adalah ikan-ikan kecil yang dibeli anak saya Thalita di depan sekolahnya, katanya untuk mainan.

Biasanya jika sudah bosan Thalita akan memasukkannya ke dalam kolam. Misalnya salah satu Ikan Patin yang dibelinya dua tahun yang lalu, sekarang panjangnya sudah mencapai setengah meter dengan diameter 10 senti.

Ikan Patin

Ikan Patin punya Thalita

Kalau ikan sapu-sapu katanya bertugas membantu membersihkan kolam dari lumut (?)

Sedangkan Ikan Mas berwarna oranye bercak-bercak hitam juga dibeli oleh Thalita, tentu saja akhirnya dimasukkan ke kolam.

Ada juga ikan yang sirip dan ekornya panjang (seperti memakai gaun pengantin), berwarna putih kekuningan saya ga tau nama dan jenisnya, tapi yang jelas bukan Ikan Mas Koki.

Nah, diantara beberapa jenis ikan mas tersebut, terdapat tiga ekor Ikan Mas Kuning.

Beberapa waktu yang lalu, dua ekor dari ikan ini mempunyai kelakuan yang agak aneh dan tidak seperti biasa, lebih agresif.

Tangan saya dua kali dipatoknya dan Thalita juga pernah digigit satu kali (padahal biasanya jinak), ikan ini selalu berdua, pisah dari kelompok yang lain, maunya mojoooook terus.

Koi2

Ikan Mas Kuning (tengah)

Seminggu kemudian, pada suatu malam Thalita berteriak : “Pa……, ikannya beranak banyaaak sekali…!!!”

TerjawablahΒ  sudah kenapa ikan ini selalu berdua dan bertingkah laku aneh. Ternyata mereka sedang menunggu kelahiran “bayi-bayi” nya.

Ada ratusan mungkin mencapai seribuan anak-anak ikan yang besar dan bentuknya mirip jentik bergerak dengan lincah (tapi mereka tetap berkelompok) dibawah perlindungan dan pengawalan induknya, kadang-kadang dimasukkan lagi ke dalam mulutnya.

Kalau ada ikan-ikan lain yang mendekat akan langsung diusir dan diburu, supaya tidak mengganggu atau bahkan memakan anak-anaknya.

Untuk menjaga keamanan, ikan-ikan kecil ini akhirnya saya pindahkan ke tempat (akuarium) yang baru.

Eeeeh dua minggu kemudian lahir lagi generasi berikutnya, sama seperti sebelumnya dengan jumlah yang sangat banyak.

Jadi dalam waktu dua minggu berselang saya sudah mendapatkan rejeki ribuan Ikan Mas Kuning.

Alhamdulillaaah….. πŸ™‚

Saat ini, jelas sekali perbedaan (besar) antara generasi pertama dengan generasi yang kedua, karena terpaut umur dalam waktu dua minggu.

Advertisements