Tags

,

Ikan dengan air mengalir

Ikan dengan air mengalir di kolam yang baru

Sekitar satu setengah bulan yang lalu saya memindahkan ikan-ikan Koi (Cyprinus carpio) dan beberapa jenis ikan yang lain ke kolam yang baru. Dari yang sebelumnya berada di tempat terbuka, sekarang saya pindahkan ke dalam rumah.

Beberapa ekor dari ikan tersebut ada yang berumur hampir lima tahun.

Hasil konsultasi saya dengan penjual ikan hias langganan, ada beberapa cara yang aman untuk memindahkan ikan ke kolam yang baru, antara lain adalah :

  1. Kolam yang baru harus dibersihkan terlebih dahulu, kemudian buang airnya
  2. Isi kolam dengan air setiap hari, kuras dihari berikutnya, lakukan  minimal tiga hari berturut-turut
  3. Isi kembali kolam dengan air, kemudian campurkan beberapa buah nanas berupa potongan beserta kulitnya (usahakan yang sudah ranum atau hampir membusuk),  biarkan selama minimal 3 hari juga
  4. Air kolam dikuras kembali, dibersihkan kemudian diisi dengan campuran  air kolam yang lama plus air yang baru
  5. Baru setelah itu ikan-ikan siap untuk dipindahkan.

O ya, setelah potongan nanas beserta kulitnya dicampurkan ke dalam air, akan bereaksi, dari hari kehari air kolam akan menjadi berbuih,  dan semakin memutih dihari ketiga.

Secara logika saya menangkap perlakuan ini dimaksudkan adalah sebagai suatu cara untuk menetralisir kadar air di kolam yang baru secara alami.

Hal ini disebabkan oleh karena kolam yang berbahan dasar semen dan keramik yang lebih bersifat basa (beda dengan akuarium yang berbahan dasar kaca). Sedangkan buah nanas dengan kadar keasaman yang tinggi dapat menormalkan semen dari sifat basanya.

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memindahkan ikan ke kolam yang baru. Disarankan agar ikan-ikan tersebut ditangkap dengan tangan, jangan memakai serokan, untuk mengurangi tingkat stresnya.

Diharapkan dengan cara ini dapat mengurangi kemungkinan ikan akan mati di tempat yang baru.

KoiAlhamdulillah sampai saat ini, kelihatan ikan-ikan saya sehat dan lincah…… 🙂