Tags

, , , , , , , ,

IMG_2860Melewati jalan yang berkelok-kelok dan bergelombang, hamparan sawah dengan tanaman padi yang menghijau, tanaman kakao (coklat), diapit bukit-bukit granit yang menjulang tinggi dan unik dari Cagar Alam Harau, yaitu Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

Senang sekali melewati jalur ini dengan udaranya yang masih segar.

***

Saya sampai di Kawasan Sarasah Bunta dari Sarasah Aka Barayun, dalam waktu sekitar 20 menit.

Kawasan ini sebetulnya memiliki beberapa air terjun atau sarasah, tapi yang sempat saya kunjungi hanya 3 diantaranya, yaitu : Sarasah Aie Luluh,ย  Sarasah Bunta, dan Sarasah Murai. Sedangkan Sarasah Aie Angek tidak sempat, meskipun masih dalam satu kawasan, tapi lokasinya agak terpisah dari sarasah yang lain.

Sejak kecil yang saya tau hanya ada satu air terjun di Lembah Harau, yaitu di Kawasan Aka Barayun, padahal terdapat sekitar 7 (tujuh) air terjun di lembah ini.

Ada fasilitas kendaraan wisata yang sedang membawa anak-anak sekolah, berputar mengelilingi Kawasanย Sarasah Bunta dan berhenti tepat di depan saya parkir.

Lokasi parkirnya cukup luas di kelilingi oleh pohon-pohon rindang, dan di sekitar tempat parkir, ada fasilitas lain berupa Camping Area, diantaranya yaitu Rizki Camping Area.

Tadinya saya khawatir kalau jalanan menuju air terjun becek dan berair, sehingga untuk persiapan saya beli sebuah sandal tradisional yang banyak dijual di lokasi tersebut, ternyata jalanannya kering kok….. ๐Ÿ™‚

Air di Sarasah Aie Luluh mengalir melewati dinding batu yang dibawahnya terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

Kolamnya masih alami, airnya dingin, bersih dan bening…..

Anak-anak sekolah yang tadi berkeliling menggunakan kendaraan wisata, telah lebih dahulu masuk dan nyebur ke kolam.

O ya, di sini juga ada fasilitas lain yaitu Arena Outbond Tracking Jungle “Green Harau Adventure”.

Ada juga warung dalam satu atap yang sepertinya sudah dikelola secara bersama, tapi sayang pengelolaannyapun setengah hati, sehingga terkesan sangat sederhana dan apa adanya.

Sarasah Aie Luluh

Sarasah Aie Luluh1

Sarasah Aie Luluh2

Sarasah Aie Luluh3

Sarasah Aie Luluh4

Sarasah Aie Luluh5

IMG_2843

Sarasah Aie Lulu6PS : Sebagai info tambahan saya dapatkan dari Om Wiki.

Advertisements