Tags

, , , , , , , , ,

IMG_2778IMG_2785Menurut info, di Lembah Harau terdapat 7 air terjun, padahal selama ini saya hanya mengenal beberapa diantaranya, yaitu Sarasah Aka Barayun, Sarasah Aie Luluh, Sarasah Bunta, dan Sarasah Murai.

O ya, di Payakumbuh air terjun dinamakan juga dengan Sarasah.

Jika berdiri di Lembah Harau,Β  kita serasa berada di sebuah benteng raksasa berbentuk tebing yang kokoh, merupakan bukit cadas terjal yang mengelilingi lembah.

Lembah Harau adalah Daerah Hutan Sumatera Barat yang merupakan daerah Cagar Budaya (Nature Reserve), karena itu “Dilarang menggangu, merusak, merubah keadaan dalam lingkungan Cagar Alam” seperti yang tercantum dalam Pasal 3 ayat 1-2 Undang Undang tentang Cagar Alam.

Tidak heran makanya banyak ditemukan spesies tanaman hutan hujan tropis dan binatang asli Sumatera terdapat di lembah ini.

IMG_2801Pada umumnya di setiap air terjun terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang, meskipun airnya terasa agak dingin. Di dua air terjun yang saya kunjungi airnya bersih dan bening, hanya satu yang airnya agak berwarna.

Saya pernah ke air terjun ini sekitar tahun 1980-an, berarti 33 tahun yang silam.

Diantara air terjun tsb, ada satu lagi lokasi air terjun yang ada aliran air panasnya, namanya Sarasah Aie Angek (Aie Angek = Air Panas).

IMG_2788

IMG_2784

IMG_2802PS : Gambar-gambar di atas adalah salah satu air mancur yang ada di Lembah Harau, yaitu di Resort Aka Barayun.

Advertisements