Tags

, , , ,

Rumah Gadang Koto Nan Ampek

Pada pukul 9 malam, saya, istri dan seorang ponakan berangkat dari Padang menuju Bukittinggi, sebelumnya kami sempat mampir ke Jembatan Siti Nurbaya, di Muaro , terus menikmati Es Durian di Jalan Pulau Karam, Padang.

Sampai di Bukittinggi sekitar  23.45 WIB, menjelang tengah malam. Waktu di perjalanan ternyata cukup lama (hampir 3 jam).

Karena sampainya agak kemalaman, beberapa hotel di Bukittinggi banyak yang terisi penuh. Ada beberapa hotel yang kami datangi sampai menemukan tempat yang cocok.

***

Pagi-pagi sekitar jam 8, kami sudah siap-siap untuk melakukan perjalanan hari itu. Rencananya kami mau ke Payakumbuh, tapi sebelumnya mau sarapan ‘katupek’ (ketupat sayur) dulu di Bukittinggi.

Perjalan ke Payakumbuh, dimulai….

Jalur ini berjarak sekitar 30 km dari Bukittinggi, meskipun demikian karena hari itu adalah Hari Sabtu, yaitu hari pasar atau “Hari Pakan”, hari dimana sebagian besar masyarakat/petani menjual hasil buminya ke kota.

Aktifitas ini sering membuat jalanan di Bukittinggi menjadi macet, apalagi di pertigaan jalan menuju Payakumbuh.

Kami sampai di Payakumbuh sekitar pukul 11 siang. Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di Kota Payakumbuh, sejak tidak kurang dari 20 tahun yang lalu.

Tempat pertama yang diperkenalkan oleh driver kepada kami adalah Rumah Gadang Koto Nan IV (Koto Nan Ampek), salah satu Rumah Gadang “modern” yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Payakumbuh. Rumah ini terletak tidak jauh dari terminal bus “Koto Nan Ampek”

Rumah Gadang ini di bangun kembali pada tahun 2007, karena pernah mengalami kebakaran sebelumnya.

Pemiliknya adalah Drs. Endang Irzal Ak. MBA yang pernah mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatera Barat 2010-2015, putra asli daerah Koto Nan IV Payakumbuh Sumatera Barat.

Beliau pernah bekerja di PT. Indosat, menjabat Direktur Keuangan PT. Semen Padang 2003-2005 dan sebagai Direktur utama PT. Semen tsb dari 2005-2010 (mengundurkan diri karena mencalonkan jadi Gubernur).