Tags

, ,

Sungai Gunung Nago

Sungai Gunung Nago

Ketika punya kesempatan pulang kampung (ke Padang) bersama istri (anak-anak tidak mau ikut) beberapa waktu yang lalu, saya sengaja melakukan “Napak Tilas” ke Gunung Nago, khususnya Sungai Gunung Nago dan Jembatan Gunung Nago di Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Jembatan yang menjadi alat penghubung masyarakat di daerah Kelurahan Lambung Bukit dengan Kapalo Koto dan sekitarnya ini dikabarkan pernah terputus diterjang banjir bandang pada bulan Juli 2012 yang lalu. Namun ketika saya berkunjung ke tempat tersebut, jembatan ini sudah dapat dilalui kembali, meskipun belum permanen.

O ya, mungkin banjir yang merusak jembatan waktu itu, salah satuya juga diakibatkan oleh praktek penambangan pasir di sepanjang sungai ini.

Ceritanya, pada waktu masih berumur sekitar 14 atau 15 tahun (SMP), hampir seminggu sekali datang ke tempat ini dengan bersepeda bersama teman-teman sebaya (5 atau 6 orang), untuk mandi diairnya yang bening dan segar serta mencuci atau membersihkan sepeda kami masing-masing.

Kalau teman-teman memperhatikan gambar di atas, pada saat itu saya bisa bersepeda di pinggiran sebelah kanan sungai, terus arah ke hulu, yang airnya lebih bening dan bersih. Karena dari dulu sungai arah agak ke hilir ditemukan banyak penambangan pasir, sehingga airnya sedikit keruh (tapi relatif masih bersih, dibandingkan dengan sungai-sungai di daerah lain).

Ketka itu, sebelum sampai di lokasi, biasanya kami beli nasi bungkus untuk dimakan bersama-sama, nanti setelah selesai mandi .

Saat saya menelusuri kembal jalur tersebut, ternyata saya sudah tidak tau lagi lewatnya di mana. Saya harus telpon teman untuk mengetahui jalan masuknya di mana, serta nanya kepada penduduk sekitar, jalan menuju Gunung Nago lewat mana ?

Untuk teman-teman blog untuk melengkapi cerita saya, inilah tempat-tempat yang saya ceritakan di atas :

Sungai Gunung Nago1

Sungai Gunung Nago (arah ke hilir)

Jembatan Gunung Nago

Jembatan Gunung Nago

Pengendalian Air Sungai

Bendungan Gunung Nago

Di bendungan ini, terdapat kolam pemeliharaan ikan, yang dilarang untuk ditangkap “Dilarang menangkap ikan di sini”.

Kolam Ikan di Bendungan

Kolam Ikan di Bendungan

Air Sungai di Bawah Jembatan

Air Sungai di Bawah Jembatan

Dilarang menangkap ikan

Dilarang menangkap ikan

Jalur jalan yang saya lewati dulu

Jalur jalan yang saya lewati puluhan tahun yang lalu dengan bersepeda beserta irigasi Gunung Nago

Penambang Pasir

Penambang Pasir