Tags

, , ,

JCPenney

(lanjutan posting sebelumnya)

Kegiatan malam terakhir di Washington adalah hunting oleh-oleh. Meskipun  sejak dari New York dan North Carolina saya sudah “nyicil” membeli barang-barang bawaan tersebut, tapi tetap saja harus mencari yang lain, karena banyak “kewajiban” yang belum terpenuhi khususnya untuk anak-anak dan ponakan-ponakan.

Saya ingin ke sebuah Pusat Perbelanjaan di pinggiran kota yaitu JCPenney. sebuah jaringan retail kelas menengah yang berpusat di Plano, Texas.

Seperti pusat-pusat perbelanjaan yang lain, JCPenney juga menyediakan pakaian, tas, sepatu, sandal, perhiasan, produk kecantikan, elektronik dan perlengkapan rumah tangga.

Yang menarik di JCPenney adalah harganya yang miring, lebih murah dibandingkan dengan pusat perbelanjaan yang lain seperti Macy’s atau Nordstrom.

Menurut cerita teman saya, barang-barang branded yang baru keluar (lauching) di Amerika, biasanya dijual di jaringan retail yang lebih berkelas diantaranya seperti kedua pusat perbelanjaan yang saya sebutkan terakhir (Macy’s dan Nordstrom) yang berada di tengah kota seperti di Manhattan, termasuk di Empire State Building, Koreatown, Pennsylvania, atau Madison Square Garden, tentu saja  dengan harga yang tinggi dan bersifat ekslusif.

Nah, kurang lebih tiga bulan kemudian baru muncul di pusat perbelanjaan yang kelasnya lebih rendah, terus beberapa bulan berikutnya sampai di  JCPenney, tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah (discount) meskipun dengan jenis dan kualitas barang yang sama.

Saya dengar banyak orang Indonesia yang berbelanja dan memborong barang-barang bermerk di JCPenney, untuk dijual kembali di Indonesia dengan harga yang tinggi. karena katanya orang Indonesia tidak begitu peduli barangnya baru atau sudah lama beredar, yang penting branded.

***

Malam itu saya bergerak dari penginapan menuju JCPenney sekitar pukul 7 malam, tapi karena lalu lintas padat, jalan menuju pinggiran kota menjadi tersedat, sehingga  sampai di tujuan sekitar setengah 9.

O ya, kebetulan malam itu adalah malam “thanksgiving” yaitu hari bersyukur, berdoa dan berterima kasih kepada Tuhan akan segala anugerah yang diberikan, banyak warga Amerika yang tinggal di kota, pulang ke kampung mengunjungi orang tua dan keluarganya.

Thanksgiving adalah sebuah hari libur di Amerika Serikat yang dirayakan pada hari Kamis keempat di bulan November setiap tahunnya, karena sudah menjadi tradisi sejak 1863.

Perayaan ini diproklamirkan oleh Presiden Abraham Lincoln dan dijadikan sebagai Hari Libur Nasional.

Malam itu, suasana di JCPenney seperti malam takbiran buat kita di Indonesia.

***

Hanya beberapa oleh-oleh yang saya dapatkan di JCPenney, untuk anak-anak akhirnya saya peroleh di Macy’s yang tempatnya  berdampingan dengan JCPenney (biasanya beberapa pusat perbelanjaan di Amerika berada di satu lokasi yang sama).

Pintu Masuk JCPenney

Pintu Masuk JCPenney

Pulang kemalaman

Pulang kemalaman dari JCPenney

Dua pusat perbelanjaan yang lain :

Macys dan Nrdstrom