Tags

, , , , , , ,

Apex Mosque

lanjutan postingan sebelumnya

Di The North Carolina Museum of Art, saya teringat belum shalat Ashar apalagi Zuhur (kalau perjalanan seperti ini, biasanya saya jama’).

Saya tanya om google dimana lokasi mesjid terdekat, sekalian ingin menyaksikan  bagaimana kehidupan beragama di negara ini dan mencoba merasakan shalat di negeri orang (maksudnya di mesjid), ketemu Apex Mosque yang berada di kota Apex, North Carolina di 733 Center Street sekitar 20 km dari Kota Cary (tempat saya berada saat ini).

Keadaan Kota Apex tidak jauh berbeda dengan Cary, kesan pertama adalah sepi……!!!

Rumah-rumah penduduk, maupun beberapa supermarket dan kafe atau restoran yang saya temui berhalaman luas, memberikan kesan tenang dan damai, ibaratnya sebuah kota dengan suasana kampung/desa.

Desain Apex Mosque tidak seperti mesjid yang biasanya kita temui di Tanah Air yang lebih banyak berkiblat ke arsitektur ala Mediterania atau meskipun telah dipadukan dengan konsep minimalis namun desain Islaminya masih terlihat. Tidak ada kubah atau lambang bulan dan bintang, tapi hanya merupakan sebuah bangunan biasa (seperti gambar paling atas).

Apex Mosque terlihat terawat dengan baik, tentu saja dengan pengurus yang berdedikasi tinggi, tempat wudu’ dan kamar kecilnya bersih, apalagi tempat shalat atau karpetnya.

Biasanya konsep kamar kecil/toilet di Amerika atau di luar negeri pada umumnya adalah toilet kering, air hanya digunakan untuk membilas klosetnya, sedangkan untuk pemakai cukup membersihkan “segala sesuatu” dengan tissue yang sudah tersedia. Tapi di mesjid ini disediakan tempat (wadah khusus) untuk menampung air yang dapat dimanfaatkan untuk “siram” (seperti kebiasaan di Indonesia, sesuai ajaran agama).

Halaman Depan Apex Mosque

Halaman Depan Apex Mosque

Halaman Apex Mosque

Halaman Depan Apex Mosque

Terlihat ada mimbar tempat khotib menyampaikan khotbah, ada alquran beserta meja dan kotak tisu di bawahnya.

Lihatlah plafonnya, ditutup dengan kain putih yang juga kelihatan bersih, ada perpustakaan, dan ada juga roti untuk jamaah yang sedang dalam perjalanan.

Tempat Khutbah

Tempat Khutbah

Plafon Mesjid

Plafon Mesjid

Alquran, meja kecil dan tissue di bawahnya

Alquran, meja kecil dan tempat tissue di bawahnya

Ada poster “Who are American Muslims ?” yang menjelaskan bahwa terdapat lebih dari 8 juta muslim yang hidup di Amerika sebagai representasi dari berbagai ras, etnik dan kultur, dengan beragam profesi seperti pengusaha, insinyur, dokter, ilmuwan maupun guru.

Ada papan pengumuman yang mempromosikan barang dan jasa bernuasa Islami seperti Paket Tur ke Mekah dan Madinah (Umroh), Modern Salon, Catering, Klinik, Supermarket, Program Belajar Bahasa Arab dll.

Poster, Pengumuman dan Roti

Poster, Pengumuman dan Roti

Waktu itu jam masih menunjukkan sekitar pukul 15, berarti masih cukup waktu untuk menikmati suasana di mesjid ini. Paling tidak, cukup waktu untuk check-in pada pukul 17.05 di Raleigh-Durham International Airport (RDU), karena pada 18.05  rencananya saya akan ke Ronald Reagan Washington National Airport (DCA) di Washington DC.

Perpustakaan

Perpustakaan