Tags

, , , , , , , , ,

lanjutan postingan sebelumnya

Bosphorus Restaurant, Cary, North Carolina

Bosphorus Restaurant, Cary, North Carolina (paling kiri)

Pesawat kecil milik perusahaan penerbangan American Eagle dengan jenis Embraer ERJ 145 yang saya tumpangi mendarat mulus di landasan pacu Raleigh-Durham International Airport (RDU), North Carolina (NC), USA, pada pukul 17.50.

Bandara ini mempunyai luas 1.995 hektar, dengan 3 landasan pacu. Otoritas Bandara dikendalikan oleh Dewan Perwakilan (3 Kabupaten/Kota), yaitu : Kabupaten Wake, Durham dan Kota Releigh.

Dibawah otoritas ketiga daerah ini, RDU menjelma menjadi sebuah bandara yang sangat pesat perkembangannya, indah, bersih dan nyaman, apalagi setelah direnovasi besar-besaran baru-baru ini.

Nah, karena landingnya sudah hampir jam 6 sore, menunggu di baggage claim, plus perjalanan dari bandara sampai di kota Releigh, saya lihat di jam tangan sudah hampir pukul 8 malam.

Saya pikir, sebaiknya sebelum ke penginapan, mencari makan malam dulu. Saya cari tempat makan yang cocok (menurut sopir taxi) lebih baik makan di daerah Cary saja, ga jauh dari Releigh.

O ya, kota-kota ini terasa sangat sepi, bisa dikatakan selama perjalanan dari Bandara menuju ke daerah yang saya sebutkan tadi,  sangat jarang ketemu atau berpapasan dengan kendaraan lain.

***

Releigh adalah ibu kota NC dan kota terbesar kedua di Negara Bagian ini, terkenal dengan julukannya sebagai “Kota Oak”, mungkin karena banyak terdapat Pohon Oak.

Menurut sensus 2011, populasi Releigh belum sampai 500.000 jiwa dengan luas sekitar 370 km².

Sedangkan Cary, adalah kota terbesar ketiga di NC, dengan populasi kurang dari 136.000 jiwa seperti yang tercatat pada sensus 2010.

Mari kita bandingkan dengan DKI Jakarta, populasinya hampir 10 juta jiwa dengan luas kurang dari 662 km².

Atau Jakarta Timur yang berjumlah hampir 2 juta jiwa dengan luas 187,75 km².

Fantastis….!!!

***

Saya mampir di sebuah restoran khas Turki dan Mediterania namanya Bosphorus Restaurant yang berada di 329-A North Harrison Avenue, Cary, NC 27513.

Saya merekomendasikan restoran ini adalah salah satu tempat makan malam yang nyaman (apalagi bersama keluarga) dengan pelayanan berkualitas, senyum serta sapaan ramah dan bersahabat dari pemilik dan petugas restoran.

Pengunjung seolah-olah merupakan teman dekat,  jadi merasa di rumah sendiri, setiap yang datang disapa dengan ramah, diajak bicara, dan ditawarkan dengan senyum yang ramah pula (jarang ditemui restoran seperti ini di Amerika).

“Mungkinkah karena Cary kota kecil, orang-orangnya yang ramah, dan mereka  saling mengenal ?.  Wallahu alam…”

Hebat sekali….!!!

Kira-kira inilah salah satu jawabannya :

Bosphorus adalah sebuah bentuk restoran milik keluarga, dimana orang tua atau si ayah merangkap owner berada di dapur (kadang-kadang juga ikut melayani) bersama  anak-anaknya baik laki-laki maupun perempuan yang juga bertugas melayani pengunjung yang datang.

Penyajian makanan dimulai dengan menghidangkan sekeranjang roti lengkap dengan mayones khas Turki dengan siraman minyak zaitun, beserta segelas teh hangat untuk menetralisir selera sebelum mencicipi makanan.

Bosphorus hanya buka dari hari Selasa s/d Sabtu untuk makan siang dan makan malam, hari Minggu hanya untuk makan malam saja, sedangkan hari Senin restoran ini tutup (libur).

Menu pilihan saya adalah Mixed Grill Kebabs yaitu 3 potong baby lamb and chicken, kofta and adana. Served with Bulgur Pilaf, pide bread.

Mixed Grill Kebabs

Mixed Grill Kebabs

Bosphorus Retaurant

Bosphorus Retaurant

PS : Sebagian informasi saya dapatkan di Wikipedia, sedangkan foto-foto adalah koleksi pribadi.