Tags

, , , , , , , , , , , , ,

Golden Bull

Si Banteng Wall Street yang dikerubuti wisatawan

lanjutan posting sebelumnya

Broadway adalah nama sebuah jalan yang  terbentang sepanjang Manhattan Island.  Di salah satu sudut jalan ini di bangun sebuah icon atau simbol wall street yang dinamakan dengan Golden Bull.

Wall Street juga  merupakan nama jalan, yang menjadi nama gedung pertama dari New York Stock Exchange. Gedung inil menjelma menjadi sebuah Lembaga Keuangan yang sangat berperan di Amerika.

***

Dengan berjalan kaki saya meluncur dari Battery Park, menyeberang dan melewati Battery  Palace. Di lampu merah kemudian belok kiri melewati New York State Departement of Motor Vehicles, sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk segala hal yang berhubungan dengan mobil atau kendaraan bermotor lainnya di New York.

Perjalanan berlanjut ke sebuah Gereja bersejarah (Trinity Church) yang berada di dalam komplek Trinity Place, terus ke Wall Street Station (masih di Trinity)menyeberang lagi kemudian berjalan ke arah Timur melewati The King’s College sebuah lembaga pendidikan ternama di New York City.

Golden Bull

Nah, di ujung sebuah taman bernama  Bowling Green terdapat patung seekor banteng jantan gemuk dan kekar “Golden Bull” yang disebut juga dengan “Banteng Wall Street”.

Patung yang banyak kerubuti para wisatawan ini terbuat dari perunggu dengan berat 3.200 kg  (sebelumnya Bull ini berada di depan gedung New York Stock Exchange).

Di sepanjang jalan banyak terdapat kantor-kantor bursa perdagangan saham dan bursa perdagangan lainnya, tidak ketinggalan juga pedagang kaki lima yang menjual replika si “Banteng  Wall Street” agar bisa dibawa pulang sebagai hadiah atau kenang-kenangan ($30 s/d $60).

Patung Banteng yang siap berlari seperti ini menurut kepercayaan masyarakat setempat, adalah simbol optimisme finansial dan kesejahteraan. Siapa yang bisa mengusap  hidung, tanduk atau bagian lain dari banteng ini akan mendapat keberuntungan secara finansial.

Golde Bull

Ada yang kreatif ?, (atas – bawah) replika, penjual kaki lima dan wisatawan di sekitar Banteng Wall Street

Lihatlah ada yang memegang (maaf) testis si Banteng…..!!!

* Sebagian besar seperti itu*

Saya juga mau ikutan foto, tapi cukup lama mendapat kesempatan untuk dapat mejeng di depan atau di pantat si Banteng.

Antriiiiii…..!!!

Betapa sulitnya mengambil gambar, menunggu pengunjung sepi

Betapa sulitnya mengambil gambar, menunggu pengunjung sepi

Bowling Green

Bowling Green

New York Stock Exchange

Untuk menuju ke gedung kuno ini kita harus berbalik arah (sekitar 100 meter), kemudian belok kanan masuk agak ke dalam (kurang lebih 50 meter) terdapat  sebuah gedung yang (seperti saya katakan sebelumnya) menjadi sebuah lembaga keuangan yang sangat berpengaruh di Amerika yaitu New York Stock Exchange.

Para wisatawan tidak bisa terlalu dekat ke gedung ini, karena dijaga dan ada garis pembatasnya.

Di depan gedung terdapat Patung Abraham Lincoln berukuran besar yang dimanfaatkan oleh wisatawan untuk befoto.

New York Stock Exchange

New York Stock Exchange

IMG_0815

Abraham Lincoln

Patung Abraham Lincoln

PS : Sebagian sumber dari Wikipedia dan Kaskus, sedangkan foto-foto adalah koleksi pribadi.