Tags

, , , , , ,

Jalan Nani Wartabone

Jalan Nani Wartabone

Ketika ke Propinsi Gorontalo beberapa waktu yang lalu, saya melihat nama-nama jalan yang terasa asing di lidah dan telinga, tidak kita temui di Jakarta maupun di daerah lain.

Seperti nama jalan ini “Nani Wartabone” atauΒ  “Taki Niode” dan banyak lagi yang lainnya.

Setalah saya tanya masyakat di sini, dikatakan bahwa Nani Wartabone adalah seorang Pahlawan Gorontalo. Dikisahkan juga bahwa Nani adalah sahabat Presiden Pertama RI Ir. Soekarno,Β  pada saat beliau masih menajadi Presiden, beberapa kali datang ke Gorontalo menggunakan helikopter khusus hanya untuk menemui Nani.

Penghargaan yang lain dari Pemerintah dan masyarakat Gorontalo kepada Nani Wartabone adalah didirikannya sebuah Patung Nani Wartabone yang dibangun di Alun-alun Kota Gorontalo atau di depan Rumah Dinas Gubernur Gorontalo.

Daerah ini pada malam hari menjadi tempat berkumpulnya warga masyarakat yang ingin menikmati kuliner Gorontalo diwaktu malam, seperti pisang goreng atau Batata Ubi (singkong goreng) yang dimakan dengan sambal, minuman hangat Sarabba (jahe+telur+susu kental manis) dll.

Sedangkan pada hari Minggu pagi alun-alun dan jalan protokol sengaja ditutup (car free day) untuk menjadi pusat kegiatan olah raga dan jajanan, bagi tua dan muda.

Patung Nani Wartabone

Patung Nani Wartabone

Untuk naman jalan Taki Niode, saya teringat dengan nama seorang mantan perenang handal kebanggaan Indonesia Lukman Niode, apakah Lukman ada hubugan dengan Taki Niode ?

Jalan Taki Niode

Jalan Taki Niode

 Sarabba

Minuman hangat Sarabba di Alun-alun Kota Gorontalo

Segelas minuman hangat Sarabba hanya Rp 2.500,-