Tags

, , , , , , , , , , ,

Tom Yum

Tom Yum atau sup ala Thailand adalah  salah satu masakan khas dengan ciri-ciri pedas, manis, asam  dan asin,  berani dengan bumbu. Ada daerah yang senang menggunakan rempah-rempah segar, ada juga yang senang dengan rempah-rempah yang dikeringkan.

Makanan ini hampir selalu dihidangkan kalau kita makan di restoran-restoran di Thailand dengan berbagai variasinya (jika yang makan orang Thailand, apakah juga selalu dihidangkan Tom Yum ?).

Seperti sup atau soto di Indonesia, namanya disesuaikan dengan campuran dagingnya, kalau isinya iga sapi namanya Sup/Soto Iga, kalau isinya daging ayam namanya Sup/Soto Ayam, atau kalau isinya ikan namanya Sup Ikan.

Nah, nama Tom Yum juga demikian, jika berisi udang disebut dengan Tom Yum Goong, yang berisi makanan laut campuran seperti udang, cumi-cumi, dan ikan disebut dengan Tom Yum Talae, sementara yang berisi daging ayam disebut Tom Yum Gaia.

Ada lagi jenis lain dari Tom Yum, yang menggunakan santan berisi daging ayam dengan rasa asam pedas namanya Tom Kha Gai.

Sapo Tahu Asam Pedas Thailand

Untuk menemukan makanan yang halal bagi muslim, sebaiknya makanlah di restoran yang pemiliknya berasal dari Thailand Selatan, karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Uniknya masakan atau masyarakat dari daerah Thailand Selatan ini, lebih suka menggunakan rempah-rempah yang dikeringkan, misalnya cabe kering.

Btw, untuk rasa pedas menurut saya masakan Thailand lebih mirip dengan masakan Manado, cabenya pedas sekali. Bedanya kalau Manado mengunakan cabe rawit segar (bentuknya merah, kecil, agak runcing, isinya lebih padat alias tidak kopong), sedangakan Thailand menggunakan cabe merah (mirip dengan cabe keriting) tapi tidak kalah pedasnya dibandingkan dengan cabe rawit dari Manado.

Ini Bukan Tom Yum, tapi Udang Bawang Bombay Cabe Kering yang pedasss…

Fillet Ayam, Bawang Bombay, Kacang Mede dan Cabe Kering (cabe yang ini juga pedas)

Advertisements