Tags

, , , , , , , ,

Katak Corroboree

Alangkah kagetnya ketika mengetahui bahwa katak corroboree yang terlihat cantik, imut, berwarna hitam pekat bergaris kuning atau kuning bergaris hitam (perpaduan warna yang sangat kontras), dengan panjang tubuh sekitar 3 sampai 4 cm, ternyata adalah salah satu dari 12 jenis katak yang sangat beracun di dunia.

Untunglah ketika di Cagar Alam Tidbinbilla,  ruang pamernya dihalangi oleh kaca (Pastilah, penyelenggara cagar  alam ini sudah memikirkan keamanan bagi pengunjung)

Menurut informasi, katak corroboree pertama ditemukan di daerah sub Pegunungan Alpen Australia yang membentang dari New South Wales (NSW), Australian Capital Territory (ACT) sampai ke Victoria.

Diketahui bahwa semua katak beracun mendapatkan racunnya dari makanannya yaitu semut dan serangga, kecuali katak corroboree, racunnya berasal dari dirinya sendiri, yang menjadikannya unik dan satu-satunya di dunia.

Katak corroboree nyaris punah, diperkirakan karena faktor kekeringan dan kerusakan lingkungan (tentu saja oleh tangan-tangan manusia). Pemerintah Australia memasukkan binatang ini sebagai hewan yang dilindungi.

Nah, artinya semakin cantik dan menarik seekor katak, kita harus semakin berhati-hati, mungkin ada bahaya dan racun yang sangat mematikan terdapat pada dirinya.

Dua ekor Katak Corroboree

Dua ekor Katak Corroboree

Banyak peringatan-peringatan atau tanda-tanda, diantaranya yang dipasang di tutup serokan seperti ini (katak corroboree senang main di got ?)

Katak Corroboree mungkin ada di serokan ini

Karena sangat terkesan dengan keunikan katak corroboree, saya membeli 4 buah replikanya di  Tidbinbilla masing-masing seharga AUS $8.

Replika Katak Corroboree

O ya, kalau ingin tau tentang 12 Jenis Katak Paling Beracun di Dunia ada di sini

Advertisements