Tags

, , , , , , ,

Koala adalah salah satu jenis binatang berkantung yang berasal dari Australia, bulunya yang tebal berwarna abu-abu berfungsi sebagai pelindung dirinya dari udara dingin, memanfaatkan ekor yang berbulu tebal sebagai tempat duduknya selama berjam-jam di ranting pohon, takut dengan binatang terutama anjing, panjangnya sekitar 30-an cm, mempunyai kuping lebar,Β  berkuku tajam, hidup sebagai binatang malam, makanannya hanya daun eucalyptus yang banyak terdapat di Australia.

Binatang ini jarang minum, karena daun eucalyptus sudah mencukupi kebutuhan hidupnya, mereka dapat berada di atas pohon dalam waktu yang lama (tidak perlu turun untuk mencari air).

Daun eucalyptus sangat beracun untuk binantang lain, karena itu dari ratusan jenis pohon ini, hanya 30-an jenis yang dimakan koala.

Koala betina merawat anaknya di dalam kantong, seperti halnya kangguru.

Binatang ini terdapat di Cagar Alam Tidbinbilla (pernah saya tulis di sini) adalah seperti Taman Safari di Indonesia, perbedaanya hanya pada koleksi binantangnya saja, yaitu koala, kangguru, walabi, platipus, dan katak corroboree dll.

Tempat ini dapat ditempuh kurang lebih dalam waktu satu jam perjalanan dari Canberra.

Koala adalah hewan yang sangat tenang dan tidak banyak bergerak, mampu tidur lebih dari 18 jam sehari, dikenal sebagai binatang yang malas. Namun suara geramannya bisa sangat keras dan sangat agresif bila merasa terancam. Hebatnya koala dapat bergerak sangat cepat, meloncat dari satu cabang ke cabang lain.

Gambar berikut ini, adalah koala yang dipamerkan kepada pengunjung, karena koala yang lain hanya dapat terlihat kalau kita lagi beruntung dan harus dilengkapi teropong, karena mereka suka berada di puncak pohon eucalyptus yang menjulang.

Berburu Koala Menggunakan Teropong

Berburu Koala Menggunakan Teropong

Helen memberi petunjuk cara menemukan koala

Helen memberi petunjuk cara menemukan koala

Helen memberi petunjuk cara menemukan koala

Kami Sedang Beruntung dapat menemukan Koala di habitatnya

Hutan Eucalyptus di Tidbinbilla

Daun Eucalyptus

Sebuah prasasti di atas batu untuk mengenang kematian seekor koala bernama Lucky.

Advertisements