Tags

, , , , , , , , , , , , ,

Pura Desa Batuan adalah salah satu pura yang cukup megah dan artistik terletak di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Menurut Made (yang menemani kami) bahwa  pura ini adalah salah satu pura peninggalan purbakala pada jaman batu dan yang tertua di Bali, dibangun tahun 944 Caka atau sekitar 1020-an Masehi.

Keindahan pura ini dapat memberikan gambaran betapa tingginya kebudayaan pada saat itu.

Pura mempunyai kedudukan yang sangat penting di Bali, sebagai tempat ibadah bagi Ummat Hindu.

Sehingga setiap desa mempunyai 3 buah pura, yaitu : Pura Dalem untuk Dewi Durga, Pura Desa untuk Dewa Brahma, dan Pura Puseh untuk Dewa Wisnu.

Nah, Pura Desa Batuan ini termasuk kedalam Pura Puseh.

Pura ini terletak di lokasi yang sangat strategis (di pinggir jalan), kami berhenti di area parkir yang berada di seberang jalan dari pura,  di sini ada sebuah bangunan berbentuk panggung. Kabarnya panggung ini sering digunakan untuk pementasan Tari Gambuh.
Para pengunjung dipersilahkan mengisi buku tamu, meminjam kain (atau sarung) yang wajib dipakai untuk masuk ke dalam pura sebagai penutup tubuh bagian bawah (meskipun sudah pakai celana panjang).

Bahkan Thalita yang relatif masih kecil pun tetap harus memakai kain. Untuk masuk ke dalam pura tidak dipungut bayaran alias gratis, tapi biasanya para pengunjug suka memasukkan uang dikotak yang tersedia (secara sukarela) sebagai pengganti sewa untuk kain yang dipinjamkan.

Thalita Pakai Kain

Thalita Pakai Kain

Di Pura Desa Batuan ini terdapat banyak arca-arca raksasa yang dianggap sebagai penjaga atau pengawal pura, ada juga alat musik seperti gamelan yang disenangi oleh para turis manca negara.

Dua Raksasa penjaga Pura

Dua Raksasa penjaga Pura

Gamelan yang disenangi turis

Gamelan yang disenangi turis

Pura Desa Batuan terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian luar, bagian tengah dan bagian inti.

Bagian inti dari Pura

Bagian inti dari Pura

Ibunda dan Made di bagian lua Pura

Ibunda dan Made di bagian luar Pura

Bagian tengah Pura

Bagian tengah Pura

Thalita mengisi buku tamu

Thalita mengisi buku tamu