Tags

, , , , ,

Dermaga Kapal Klotok

Rencananya besok pagi akan mengunjungi Pasar Terapung di Sungai Barito, karena itu malamnya kami sudah mengatur strategi untu minta bantuan kepada teman yang di Banjarmasin agar mencarter klotok yaitu perahu kecil bermesin sebagai salah satu angkutan wisata Sungai Barito.

Pukul 4 pagi,Β  kami berangkat dari Banjarbaru menuju Banjarmasin, di tengah perjalanan berhenti untuk shalat subuh di salah sebuah mesjid dan sekitar pukul 5.30 kami sampai di sebuah dermaga tempat mangkalnya kapal-kapal klotok.

Kami menelusuri anak sungai Barito dengan airnya yang berwarna kecoklatan, di kedua sisi sungai dipenuhi oleh rumah-rumah terapung milik penduduk.

Di sepanjang perjalanan banyak sekali mesjid dan mushalla, salah satunya bernama Mesjid Sultan Suriansyah yang dibangun oleh Sultan Suriansyah, Raja Banjar saat itu.

Kami juga menemukan Warung Wisata Terapung, dan mengintip aktifitas kehidupan warga sehari-hari seperti mandi, sikat gigi, mencuci pakaian/piring dll.

Kapal Klotok yang kami carter hanya berisi 7 orang

Air sungainya berwarna coklat

Mandi

Ada  yang mandi, sementara yang lain mencuci pakaian

Ada yang mandi, sementara yang lain mencuci pakaian

Mencuci pakaian

Berbagai macam aktifitas

Mempersiapkan makanan hari ini sambil mengasuh anak