Tags

, , , , , , , , , , , , ,

Bom Bali (12 Oktober 2002) adalah sebuah sejarah kelam negeri ini yang seharusnya tidak boleh terjadi di sebuah daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan seperti Bali.

Peristiwa ini, mengakibatkan 202 orang tewas dari 22 negara yaitu  Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Brazil, Denmark, Ekuador, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea, Polandia, Portugis, Prancis, Selandia Baru, Swedia, Swis, Taiwan dan Yunani termasuk Indonesia.

Ada beberapa Monumen Bom Bali yang pernah saya kunjungi :Pertama ada di kawasan wisata Legian Kuta, Bali; Kedua di Kings Park, Perth, West Australia; dan Ketiga di St. James Park, Westminster London Inggris.

Di Legian atau Ground Zero, Monumen Bom Bali terletak di antara Sari Club dan Paddy`s Cafe, merupakan kawasan yang ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Monumen ini dibangun atas gagasan Nyoman Rudana, dengan biaya Rp 2 miliar,  diresmikan oleh Bupati Badung Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi.

Monumen Bom Bali dan Jalan Legian

Monumen Bom Bali dan Jalan Legian

Di Kings Park, Perth, monumen Bom Bali bertuliskan nama-nama 16 orang Australia Barat (dari 88 warga Australia) yang menjadi korban. Kings Park adalah sebuah taman dengan luas sekitar 400 hektare, berada di pinggir Barat kota Perth, tidak jauh dari Central Business District (CBD) sebagai pusat bisnis di Australia Barat.

Monumen Bom Bali Kings Park

Salah satu Monumen di Kings Park

Di St. James Park, Westminster London,  Monumen Bom Bali berbentuk patung dan batu bulatan rancangan seniman Gary Breeze dan pemahat Martin Cook. Diresmikan oleh Pangeran Charles.

Warga Inggris yang tewas dalam peristiwa itu sekitar 28 orang.

Lokasi Monumen Bom Bali Westminster

Lokasi Monumen Bom Bali Westminster

Apakah teman-teman pernah menemukan Monumen Bom Bali di tempat lain ?