Tags

, , , , ,

Seorang Ibu sedang memberi makanan Burung Merpati di Patong

Seorang Ibu sedang memberi makanan Burung Merpati di Patong

Melanjutkan cerita saya tentang “Tsunami di Phuket” beberapa waktu yang lalu.

Di hari ke-2,  saya bangun pagi, berjalan dari tempat penginapan, turun dan menelusuri Patong Beach. Terlihat bahwa dari pengalaman akibat hantaman gempa dan tsunami Desember 2004 lalu, Pemerintahan Thailand berusaha mempersiapkan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, jika terjadi tsunami.

Memanfaatkan alat pendeteksi gempa dan tsunami seperti Equatorial Atmosphere Radar (EAR) yang berguna untuk mempelajari dinamika atmosfer, mengantisipasi cuaca ekstrim ataupun hal lainnya (termasuk gempa dan tsunami), dilengkapi alat pengeras suara, serta informasi dan petunjuk-petunjuk untuk jalur evakuasi jika terjadi tsunami, di hotel-hotel, pusat-pusat perbelanjaan, apalagi di  daerah pinggiran pantai.

Terlihat juga ratusan atau mungkin ribuan burung merpati di pantai ini, berebutan ketika diberi makan oleh seseorang. Apakah dulu sebelum tsunami burung-burung ini sudah ada di sini ?

Apakah ada maksud  tertentu, memanfaatkan kepekaan burung-burung ini untuk menangkap sinyal-sinyal  sebagai suatu pertanda dari alam, akan terjadi sesuatu?

Karena menurut para ahli, hewan mempunyai instink yang sangat kuat, melebihi apa yang dimiliki manusia maupun alat-alat ciptaan manusia…..

Wallaahu’alam…..

Petunjuk Evakuasi

Petunjuk Evakuasi

Advertisements