Tags

, , , , , , , , ,

Ketika terdengar berita tentang gempa bumi berkekuatan 8,6 SR pada Rabu 11 April 2012 sore, yang mengguncang Simeuleu Aceh dan Pesisir Barat Pulau Sumatera.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) segera mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah daerah seperti Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat dan beberapa daerah lain termasuk Aceh.

Pada waktu yang sama (seperti diberitakan) gempa juga terjadi di sepanjang pantai barat Amerika Utara seperti Amerika Serikat, Teluk California, Meksiko, Michoacan, dan Pantai Oregon.

Menurut info dari Pacific Tsunami Warning Center, 27 negara diminta waspada tsunami menyusul gempa bumi tsb, diantaranya adalah Afrika Selatan, Australia, India, Oman, Seychelles, Somalia dan Thailand.

Bandara Internasional Phuket Prateung Sornkhamn di pulau wisata Phuket Thailand Selatan saat itu juga langsung ditutup. Penduduk sekitar Pantai Patong diperintahkan pindah ke daerah yang lebih tinggi, termasuk para turis dan pekerja.

Kita ketahui bahwa pada Tsunami, di Phuket akhir Desember 2004 lalu, korban tewas mencapai lebih dari 5.000 orang. Setelah beberapa tahun kemudian (Oktober 2010), kita bisa menyaksikan Patong Beach menjadi seperti ini.

Catatan :

Video di atas adalah tsunami di Patong Beach, Phuket Thailand, Desember 2004 yang lalu (saya pinjam dari sini )

Advertisements