Tags

, , , , , , , , ,

Unjuk Rasa di kawal polisi (rompi berwarna hijau terang)

Unjuk Rasa di kawal polisi (rompi berwarna hijau terang)

Ketika kembali dari The Library of Australia di Parkes Place, Parkes ACT 2600 Canberra, kami pulang ke Medina Executive James Court Apartement di Northbourne Avenue jalan kaki, jaraknya  kurang lebih 3 sampai 4 km.

Kami melewati sebuah taman namanya “Garden Court Gourmet”, kami melihat banyak orang sedang berkumpul, dari pakaiannya kelihatan seperti karyawan atau pekerja kantoran.

Kami berhenti beberapa saat untuk memperhatikan apakah gerangan yang terjadi.

Ternyata para pekerja tersebut sedang melakukan unjuk rasa (demonstrasi).

Saya kurang tau apa yang dituntut mereka. Kami tidak berani masuk ke taman (lokasi) unjuk rasa, karena menyadari kondisi kami (sebagai orang asing di sini). kami hanya berani memperhatikan dari seberang jalan.

Saya salut melihat unjuk rasa saat itu, dilakukan di sebuah taman, bukan di jalanan umum, meskipun ingin menyampaikan inspirasinya, mereka tidak merampas hak orang lain (misalnya: pengguna jalan raya).

Unjuk rasa dilakukan dengan tertib dan santai, tidak ada gambaran kekerasan dan keberingasan massa seperti unjuk rasa yang dilakukan oleh orang-orang yang manamakan diri mahasiswa (yang  kita saksikan di Tanah Air akhir-akhir ini).

Untuk mengawal unjuk rasa tersebut, pihak keamanan Canberra hanya menurunkan beberapa orang polisi berseragam yang juga terlihat ngobrol-ngobrol santai dengan pengunjuk rasa.

Bagaimana dengan unjuk rasa di Tanah Air ?

Sebagian besar unjuk rasa, umumnya diakhiri dengan kekerasan atau kerusuhan, merusak fasilitas umum, membakar Kantor Polisi, membakar kendaraan bermotor,  menghancurkan atau mencabut tanaman, lempar-lemparan batu, menduduki jalan tol, bahkan bandara dan merusak fasilitas bandara ?

Mereka sudah merampas hak orang lain, demi kepentingan mereka dan kelompoknya.

Mereka tidak sadar bahwa yang dirusak adalah asset Negaranya sendiri.

Apalagi bandara, bukankah  mereka telah membahayakan keselamatan jiwa orang lain ?

Bagaimana pendapat teman-teman ?

Sebuah Pos Polisi tidak jauh dari lokasi Unjuk Rasa

Sebuah Pos Polisi tidak jauh dari lokasi Unjuk Rasa